Google Adsense

90 Mata Air di Tuban Mulai Mengering

Jumat, 31 Oktober 2014

SEDIKITNYA 90 dari total 150 sumber mata air di sepanjang kawasan pegunungan kapur di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, debitnya menyusut hingga 40% dari volume normal. Kondisi yang membuat ka wasan sepanjang pegunungan kapur itu darurat kekeringan.

Sejumlah sumber mata air dengan debit menurun drastis di antaranya sendang (mata air) Jipeng dan Ngabuk di Kecamatan Kerek, mata air Trunggo di Kecamatan Merakurak, sendang Maibit, Ngerong, dan mata air Beron di Kecamatan Rengel.

Bahkan, sejumlah mata juga telah mengering, di antaranya, sumber mata air Sundulan, sendang Joko Tarub di Desa Sumberagung, dan sendang Pacar di Kecamatan Plumpang. Termasuk, mata air Kerawak di Kecamatan Montong, dan sendang Sukosari di Soko.

Semua Imunisasi Wajib Dilakukan

IMUNISASI sudah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mencegah beragam penyakit berbahaya pada anak. Semua jenis imunisasi penting dilakukan. Namun, sebagian orangtua masih beranggapan ada jenis imunisasi yang tidak wajib sehingga tidak perlu dilakukan.

Untuk meluruskan pemahaman keliru itu, tahun ini Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan rekomendasi jadwal imunisasi anak berusia 0-18 tahun yang terbaru.

“Kami ingin menginformasikan terutama kepada dokter umum bahwa jadwal imunisasi keluaran IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) sudah direvisi,“ ujar dokter spesialis anak dari Rumah Sakit (RS) Pluit, Jakarta, dr Vimaladewi Lukito SpA, dalam simposium bertajuk Current Theraphy on Several Medical Cases at Daily Practice & Workshop di RS Ga ding Pluit, Jakarta, Sabtu (18/10).
Simposium yang diikuti para dokter umum itu menjadi rangkaian kegiatan perayaan ulang ke-18 RS tersebut.

Pendapatan Jasa Marga Naik

Peningkatan pendapatan tol tersebut disumbang penambahan operasional tiga ruas tol baru. Untuk 2015, perseroan berencana mengoperasikan ruas Tol Gempol-Pasuruan ruas Gempol-Rembang, Tol Gempol-Pandaan, dan Tol Surabaya-Mojokerto seksi IV.

PT Jasa Marga (persero) Tbk membukukan pendapatan usaha di luar pendapatan konstruksi pada kuartal III tahun ini sebesar Rp5,23 triliun.Jumlah tersebut meningkat 16,3 persen dari kuartal yang sama di tahun lalu, yaitu sebesar Rp4,47 triliun. Pendapatan tersebut berasal dari volume transaksi sebanyak 972,13 juta kendaraan.

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga David Wijayatno mengatakan dari pendapatan usaha tersebut, pendapatan tol meningkat 14,9 persen menjadi Rp4,85 triliun dari tahun lalu sebesar Rp4,22 triliun.

EKONOMI NASIONAL Koperasi Butuh Bantuan Modal

Kamis, 30 Oktober 2014

KOPERASI dinilai bisa menjadi `penyelamat' keluarga miskin untuk mendapatkan modal usaha dan meningkatkan kesejahteraan. Namun, sayang, hingga kini kegiatan ekonomi kerakyatan berdasar asas kekeluargaan itu masih menghadapi masalah permodalan. Karena itu, bantu an pemerintah diperlukan.

Mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Subiakto Tjakrawerdaja mengatakan puluhan juta keluarga yang masih terjerat oleh kemiskin an menjadi tantangan berat bangsa.

Menko Polhukam Fokus pada Pengamanan Laut

"Karena masalah keamanan yang terjadi di laut sekarang ini ialah ego sektoral setiap instansi yang memiliki kewenangan di laut. Polhukam menjadi ujung tombak di darat, dan laut melalui Bakorkamla."
Tedjo Edhy Purdijatno Menko Politik Hukum dan Keamanan

MENTERI Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno menegaskan isu keamanan laut menjadi salah satu fokus kementeriannya. Pasalnya, untuk mewujudkan visi Presiden Jokowi Widodo yang ingin mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, harus dibentuk satu badan komando yang membidangi permasalahan keamanan dan keselamatan laut.

“Karena masalah keamanan di laut sekarang ini merupakan ego sektoral setiap instansi yang memiliki kewenangan di laut,“ ujarnya saat upacara serah terima jabatan (sertijab) dari Djoko Suyanto kepada dirinya di Kantor Kemenko Polhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta, kemarin.

TNI-AL Menuju Kelas Dunia

Untuk menjadi angkatan laut kelas dunia, TNIAL harus mengefektifkan pengamanan di laut. Hal itu perlu didukung alutsista yang memadai. TNI Angkatan Laut RI menyatakan komit mennya untuk me jadi angkatan laut kelas dunia. Langkah itu penting, karena Indonesia merupakan negara maritim.

Untuk mencapai hal tersebut, TNI-AL terus berupaya meningkatkan kualitasnya. Komitmen tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir ketika mengunjungi Media Group, Selasa (28/10).

“Komitmen ini seiring dengan kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan In donesia sebagai poros maritim dunia,“ ujarnya.

Tugas Berat Menanti Menpora

Rabu, 29 Oktober 2014

Penyelesaian `konflik' KOI dan KONI menjadi salah satu tugas besar yang menanti Menpora Imam Nahrawi. Sebagai menpora, Imam dituntut mencari solusi terbaik soal anggaran olahraga. Tidak bisa dimungkiri, masalah dana menjadi kendala dalam peningkatan prestasi.

SEABREK tugas menan ti Imam Nahrowi yang dipercaya Presi den Joko Widodo mengemban tugas sebagai menteri pemuda dan olahra ga. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dituntut membuat terobosan baru untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia yang terus merosot.

Demikian benang merah berbagai harapan kalangan dunia olahraga Indonesia yang dihimpun kemarin. Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo berharap Imam mampu membuat kebijakan agar berbagai kendala yang melingkupi du nia olahraga Indonesia dapat segera teratasi.

Jangan Panggil Saya Ibu Menteri

Posisi menteri tidak akan mengubah dirinya. Ia ingin memajukan maritim Indonesia dengan tetap sebagai dirinya sendiri. SANTAI, cuek, blak-blakan, danapa adanya menjadi kesan pertama kali bertemu dengan Susi Pudjiastuti, mantan Direktur Utama PT ASI Pudjiastuti (Susi Marine), Direktur Utama PT ASI Pudjiastuti Aviation, dan juga Direktur Utama PT ASI Pudjiastuti Flying School (Susi Flying School) yang belum lama ini mendapatkan mengisi jajaran kabinet kerja Joko widodo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Putri sulung dari H Ahmad Karlan (alm) dan Suwuh Lasminah (alm) kelahiran 15 Januari 1965 itu tumbuh dan besar di Pangandaran. Meski besar dari keluarga berkecukupan, tidak membuat dirinya terlena. Susi tidak memiliki pendidikan tinggi, Ia hanya sekolah di SD Negeri 8 Pangandaran dan lanjut ke SMP Negeri 1 Pangandaran. Guna memperluas cakrawalanya, ia dikirim ke SMA Negeri 1 Yogyakara.Sayang, pendidikannya tidak tuntas.Saat kelas dua SMA, ia berhenti karena malas.

Bergerak Hemat dengan Gas Alam

Pemanfaatan LNG pada sektor transportasi dan alat berat diprediksi meningkat dari 0,4 juta ton per tahun pada 2015 menjadi 1,3 juta ton pada 2019. PROGRAM konversi ba han bakar minyak (BBM) ke gas beberapa tahun belakangan berjalan tertatih-tatih lantaran banyaknya kendala yang menghadang program efisiensi tersebut.

Namun, PT Pertamina (persero) terus berupaya untuk mendukung implementasi program tersebut. Salah satunya dengan melakukan perpaduan penggunaan bahan bakar (dual fuel) antara liquefied natural gas (LNG) dan solar untuk mobil tangki BBM dengan komposisi masingmasing 57 persen dan 43 persen. Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan pemanfaatan dual fuel itu menghemat solar sekitar 3.500 kiloliter (kl) per bulan.

Pejabat Harus Keruk Selokan

Hujan mulai mengguyur Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang. Dalam menghadapi ancaman banjir, Jakarta mulai melakukan berbagai antisipasi. BENCANA banjir yang kerap melanda Jakarta bukan hanya karena curah hujan tinggi atau air kiriman.Drainase yang tidak optimal juga bisa menimbulkan banjir meski hujan hanya sebentar karena air tidak tertampung dan menggenangi sekitarnya.

Untuk mengantisipasi bencana itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menginstruksikan kepada pejabat di lima wilayah kota madya dari wali kota sampai camat dan lurah agar turun tangan membersihkan selokan di lingkungan permukiman.

Menurut Ahok, pembersihan selokan atau saluran air harus dilakukan sebelum musim hujan tiba yang biasanya mulai terjadi pada November dan Desember.

Bursa Tunggu Kebijakan Harga BBM

Selasa, 28 Oktober 2014

Setelah kabinet Jokowi-JK dilantik kemarin, pelaku pasar menanti kepastian penaikan harga BBM bersubsidi. Dalam jangka panjang, itu berdampak positif terhadap anggaran. PELAKU pasar di bursa sahamamat mempertimbangkan peristiwa yang belum terjadi sebagai pijakan dalam aktivitas perdagangan mereka.

Demikian pengakuan sejumlah analis bursa kepada Media Indonesia mengenai tren indeks harga saham gabungan, kemarin.
Analis dari PT Universal Broker Securities Satrio Utomo mengakui pada umumnya pelaku pasar merespons positif susunan Kabinet Kerja Jokowi-JK yang dilantik kemarin. Namun, pelaku pasar kini justru tengah mengantisipasi rencana pemerintah yang akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bulan depan.

BNN Gagalkan Pengiriman 8 Ton Ganja

BADAN Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 8 ton ganja kering asal Aceh yang sedianya akan dikirimkan ke Jakarta, di Pekanbaru, Riau. Ganja dibawa dengan menggunakan sebuah truk ekspedisi dan akhirnya ditangkap di Jalan

Kandis Km 53, Telaga Samsam Kandis, Provinsi Riau, akhir pekan kemarin. “Truk nopol B 9396 AH mengangkut ganja dari Aceh dengan tujuan Sukabumi, Jawa Barat.Ada lima tersangka yang kami tangkap karena terlibat dalam kejahatan ini,“ kata Kabag Humas BNN Sumirat Dwiyanto, kemarin.

Pengungkapan kasus bermula dari informasi perihal adanya sebuah truk yang melintas dan bergerak sesuai instruksi dari pengawal sipil yang berjalan beriringan. Petugas BNN curiga dan kemudian menyelidiki.

Yang Praktis dan Buatan Lokal

SEBUAH studio jahit di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, menjadi andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk penampilan di pelantikannya. Rusman, pemilik tempat bernama Feng Shin Tailor itu menuturkan bahwa Jokowi memesan jas dua minggu sebelum pelantikan.

Perkenalan Rustam dengan orang nomor satu RI itu ialah berkat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa `Ahok'. Ahok memang sudah jadi langganan Rustam.
Soal pelanggan barunya, Rustam mengaku terkesan. Menurutnya, Jokowi merupakan orang yang praktis dan tidak banyak tuntutan.

Limbah Rumah Sakit Berbuah Pupuk

Di RSUD Wonosari, Gunung Kidul, limbah domestik yang berupa tinja dimanfaatkan menjadi pupuk dan biogas. BERADA di kawasan karst yang dikenal sulit mendapatkan air bersih, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, sadar akan pentingnya pengolahan limbah. Membuang limbah langsung tanpa pengolahan bisa berarti mencelakai diri sendiri karena terbatasnya pasokan air bersih.

Maka RSUD Wonosari pun membuat tiga jenis pengolahan limbah di RSUD Wonosari, mulai pengolahan limbah domestik (tinja), pengolahan air menjadi air minum, dan pengolahan air limbah rumah sakit. Kepada Media Indonesia, Kamis (16/10), Sanitarian RSUD Wonosari, Priyatno Budiharto, menjelaskan dua dari sistem pengolahan limbah itu merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Riset Pemerintah Jerman. Sementara itu, pengolahan limbah terakhir dibuat rumah sakit.

Pampang Bunga dan Jaminan

Senin, 27 Oktober 2014

PETUGAS lapangan Bank Prekreditan Rakyat (BPR) Arthasraya Sejahtera, sejak Juni 2014 memang telah berhenti mendatangi Dadang Hendriansah, 40, pedagang ikan laut serta para penjaja aneka produk di Pasar Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Namun, kantor BPR Nusamba Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah, uang terus berputar.

Upaya BPR itu meraih kepercayaan serta berkontribusi pada kehidupan masyarakat di sana, termasuk para pebisnis UKM, juga dilakukan melalui web-nya. Aneka jenis jasa yang mereka tawarkan hingga kiat-kiat mengelola keuangan, dipaparkan tuntas di sana.

Pertamina Sasar Mandiri Energi

Penurunan produksi minyak di lapangan expired rata-rata 19% atau setara dengan 250 ribu barel per hari. PT Pertamina (persero) menyasar peningkatan produksi minyak dan gas bumi (migas) demi kemandirian dan swasembada energi nasional.Berbagai langkah yang mengintegrasikan optimalisasi sumur migas yang ada (existing), ekspansi produksi ke luar negeri hingga mengembangkan sumber energi baru terbarukan (EBT) menjadi upaya berkelanjutan untuk mengurangi impor minyak mentah dan bahan bakar minyak (BBM).

“Pertamina siap berada di garis depan untuk swasembada energi,“ kata Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina Muhamad Husen saat berkunjung ke Kantor Media Group, Jakarta, kemarin. Karena itu, lanjutnya, Pertamina terus mengebor wilayah kerja existing, khususnya implementasi skema perluasan dan peningkatan produksi minyak (enhanced and improved oil recovery).

KPU Kebut Buat Aturan, DPR Santai

Perppu Pilkada yang diterbitkan SBY belum dibahas DPR meski sejumlah daerah seharusnya sudah bersiap menyelenggarakan pilkada pada September 2015. KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Pusat menargetkan setidaknya tiga peraturan dapat diselesaikan di akhir 2014 untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pilkada serentak pada 2015. Ketiga peraturan tersebut terkait dengan Pedoman Penyusunan Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada, dan Pedoman Tata Cara Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam Pilkada, serta Pedoman Teknis Pencalon an Pilkada.

Komisioner KPU Hadar Nafi s Gumay, di Jakarta, kemarin, menjelaskan, jika peraturan itu bisa selesai sebelum atau pada Desember tahun ini, pemungutan suara pilkada serentak bisa dilakukan Desember 2015.

“Itu bisa terjadi kalau DPR dan pemerintah bisa menanggapi cepat peraturan kami yang berdasarkan perppu,” jelas Hadar.

OBITUARIUM Pahlawan Muda Putri Pedagang Kaligrafi

MEGA terduduk di depan Ruang Emerald, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta Pusat. Ia sahabat Gayatri Wailissa, 18, peraih Kick Andy's Young Hero 2014 yang berpulang Kamis (23/10). Mereka dipertemukan saat SMP. Namun, di SMA mereka dipisahkan jarak. Gayatri sekolah di SMAN 25 Ambon, sedangkan Mega pindah ke Jakarta.

Dengan terbata-bata, Mega berkisah dua bulan terakhir komunikasi telepon terputus akibat kesibukan masing-masing.“Saya bahkan tidak tahu kalau Gayatri ada di Jakarta,“ cerita Mega. Sehari sebelum Gayatri menghembuskan napas terakhir, Mega mengaku sempat menemani sebelum orangtuanya datang dari Ambon. Saat itu Gayatri tidak mengucapkan sepatah kata apa pun karena sudah koma.

Beasiswa untuk Memajukan Pertanian

Minggu, 26 Oktober 2014

Mereka dididik bukan untuk menjadi petani tradisional, melainkan agar mereka bisa mengembangkan teknologi penunjang sektor pertanian dan perkebunan.

DIREKTORAT Pembinaan Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) Pendidikan Menengah Kemendikbud akan memberikan beasiswa kepada peserta didik SMK jurusan pertanian sebesar Rp1 juta per tahun.Kebijakan itu diambil untuk mendorong siswa bersekolah di jurusan pertanian.
“Semua siswa SMK pertanian mendapat beasiswa Rp1 juta di luar BOS (dana bantuan operasional sekolah),“ kata Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, Mustagfirin Amin, di Jakarta, Rabu (22/10).

BALAI KOTA DKI Wagub Ideal Pendamping Ahok

Bulan depan, Basu ki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi dipastikan menjadi Gubernur DKI.Meskipun demikian, saat ini, ia sudah memiliki kewenangan penuh laksana seorang gubernur tapi masih disebut sebagai plt. Menurut Undang-Undang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, masa kepemimpinan seorang kepala daerah yang masih tersisa lebih 18 bulan berhak memiliki wakil. Atas dasar itu, pembahasan mengenai pengusungan calon serta prosedur penetapannya kian ramai.

Ahok yang menjabat Gubernur DKI hingga 15 Oktober 2017 berketetapan memilih Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Sarwo Handayani. Mantan Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI itu dinilai telah menunjukkan kinerja luar biasa serta pemahaman yang baik tentang persoalan di lapangan.

Bio Farma Kembangkan Batik Pakidulan

KESEMPATAN datang saat Aliyudin Firdaus membutuhkan. Perajin batik pakidulan asal Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, itu tengah membutuhkan pasar bagi produk kerajinannya. Berkat uluran tangan PT Bio Farma, perusahaan BUMN produsen vaksin, Aliyudin bisa melebarkan sayap usahanya.Pertengahan Oktober lalu, ia bisa memamerkan hasil karyanya, batik pakidulan di Jakarta Trade Expo.

“Saya senang sekali bisa ikut pameran. Di pameran ini saya membawa tiga motif batik Pakidulan,“ tutur Aliyudin. Stan pameran mitra binaan PT Bio Farma, saat itu, mampu menarik perhatian pembeli internasional. R Herry, Kepala Divisi CSR Bio Farma pun mengaku menjadi orang yang paling berbahagia pada gelaran itu. Ia menuturkan Bio Farma memiliki banyak keahlian di bidang green concern, seperti pengelolaan air, udara, pengolahan limbah dan lingkungan.Keunggulan itulah yang terusmenerus ditularkan kepada mitra binaan.

Pedagang Beras Serbu Ngawi dan Madiun

Sabtu, 25 Oktober 2014

PEDAGANG beras luar daerah, dari Jawa Tengah dan Jawa Barat, kini ramai-ramai menyerbu hasil panenan padi musim kemarau di wilayah Kabupaten Madiun dan Ngawi, Jawa Timur. Mereka memborong hasil panenan di Madiun dan Ngawi karena di daerah mereka banyak petani gagal panen akibat bencana kemarau panjang.

“Dalam musim kemarau ini banyak petani di wilayah Caruban, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ngawi berhasil panen. Namun, hasil panenan mereka banyak dibeli oleh pengusaha beras luar kota, seperti dari Solo, Semarang, dan Jawa Barat,“ kata Kepala Subdivre IV Madiun Hartono Jabar, kemarin. Para pengusaha beras luar daerah itu datang tidak hanya membeli beras.

Gugatan UU Pilkada Ditolak

Gugatan yang diajukan oleh para pemohon tidak dapat diterima karena hakim konstitusi menilai gugatan telah kehilangan objek perkara. Awalnya ada sembilan gugatan. Namun, pada sidang pemeriksaan pendahuluan, empat pemohon mencabut gugatan setelah hakim MK menawarkan dua opsi. atur bahwa pemilihan kepala daerah dilaksanakan secara demokratis melalui lembaga perwakilan rakyat dan pasal 3 yang mengatur lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Pemohon mendalilkan kedua ketentuan tersebut berbenturan dengan Pasal 30 ayat (5) juncto Pasal 34 UndangUndang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah yang mengatur bahwa ke SRI UTAMI M AHKAMAH Kon stitusi (MK) me nyatakan tidak dapat menerima lima permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota (UU Pilkada). Penolakan tersebut tertuang dalam putusan perkara nomor 9798-101-105-111/PUU-XII/2014 yang dibacakan oleh Ketua MK Hamdan Zoelva di Ruang Sidang Pleno MK, Jakarta, kemarin.

Rupiah dan Saham Bergerak Positif

Tim ekonomi kabinet harus mampu menciptakan kondisi yang positif agar pelaku usaha mendapatkan kepastian. IQBAL MUSYAFFA S EJUMLAH kalangan optimistis tim ekonomi kabinet Presiden Joko Widodo dapat menjaga momentum membaiknya kondisi perekonomian di Tanah Air. Karena itu, para pelaku usaha sangat mendukung pemerintahan baru yang komit untuk membenahi infrastruktur dan iklim investasi.

Menurut pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada Sri Adiningsih, kondisi yang positif itu dapat memicu penguatan saham dan rupiah. “Kini fluktuasi indeks saham dan rupiah itu bukan dipengaruhi faktor kabinet, tetapi faktor eksternal seperti perkembangan ekonomi Tiongkok dan kondisi keuangan di Eropa,“ kata Sri, kemarin.

Infrastruktur Jabar Pikat Investor

Jumat, 24 Oktober 2014

SEJUMLAH negara di wilayah Asia melirik infrastruktur di Jawa Barat. Keseriusan mereka terlihat ketika perwakilan negara Tiongkok, Taiwan, dan Vietnam, mendatangi Kantor Pemerintah Provinsi Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, kemarin.

Para investor yang berjumlah belasan itu diterima langsung Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. “Mereka tertarik (berinvestasi) di bidang infrastruktur. Mereka berminat dengan bandara serta jalan tol yang kini dibangun Jawa Barat,“ tutur Deddy seusai pertemuan.

Pihaknya pun menyambut baik kedatangan para investor tersebut. Mereka bisa berinvestasi di beberapa proyek infrastruktur yang belum jadi seperti bandara internasional Jawa Barat (BIJB) serta jalan tol Cileunyi-Rajapolah.

Tanggap Darurat Kebakaran Diperpanjang

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Tengah memberlakukan perpanjangan status tanggap darurat kebakaran hutan dan lahan hingga 31 Oktober 2014. Perpanjangan status ini karena diperkirakan musim hujan baru akan terjadi pada awal November 2014 mendatang. Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng, Muchtar, ketika dihubungi, kemarin, menjelaskan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalteng, bahwa hujan baru akan terjadi pada November mendatang.

Tanggap darurat kebakaran hutan dan lahan di musim ke marau tahun ini telah diberlakukan sejak 23 September lalu. Lima kabupaten/kota ma suk status tanggap darurat yakni Kotawaringin Timur, Katingan, Pulang Pisau, Kapuas, dan Kota Palangkaraya. Status tanggap darurat itu telah berakhir pada 7 Oktober lalu. Muchtar menjelaskan luasan lahan gambut di Kalteng membuat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Hingga kini luas areal lahan gambut yang dilalap api mencapai 16 ribu hektare. Upaya pemadaman terus di lakukan, yakni dengan melakukan operasi darat, udara, dan juga melakukan hujan buatan melalui teknologi modifi kasi cuaca.

Penyerapan Beras Baru Capai 55 persen

Sampai sekarang, jumlah yang terserap mencapai 64 ribu ton dari target tahun 2014 sebanyak 120 ribu ton. PENYERAPAN beras oleh Bulog Subdivisi Regional (Subdivre) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) baru mencapai sekitar 55 persen dari target yang telah ditetapkan.

Sampai sekarang, jumlah yang PENYERAPAN beras oleh Bulog Subdivisi Regional (Subdivre) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) baru mencapai sekitar 55 persen dari target yang telah ditetapkan. Sampai sekarang, jumlah yang terserap mencapai 64 ribu ton dari target tahun 2014 sebanyak 120 ribu ton.

Namun demikian, stok untuk melayani keluarga miskin masih cukup hingga 7 bulan mendatang. Kepala Bulog Subdivre Banyumas Sugeng Rahayu menyatakan penyerapan beras tahun 2014 banyak menemui kendala. “Pada saat musim panen raya untuk MT 1 beberapa bulan silam, seharusnya menjadi momentum penyerapan besar-besaran.

Pemerintah baru direkomendasikan untuk memperketat impor gula mentah

Kamis, 23 Oktober 2014

Pemerintah baru direkomendasikan untuk memperketat impor gula mentah yang dipakai sebagai bahan baku bagi produksi gula rafinasi. KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan sugar outlook 2015. Perhitungannya menunjukkan stok gula medium masih berlimpah di pasaran akibat serapan yang tidak optimal.

Senior Advisor of Asosiasi Gula Indonesia (AGI) Yadi Yusriadi mengatakan stok gula yang berlebih berupa gula kristal putih (GKP) berbasis tebu yang diproduksi pabrik gula. Kelebihan stok disebabkan adanya wilayah abu-abu konsumsi gula kristal rafinasi (GKR).

90 Penelitian SMA Bersaing Jadi Terbaik

SEBANYAK 90 naskah finalis dari 33 provinsi saling beradu menjadi yang terbaik pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di Yogyakarta mulai kemarin hingga Jumat (24/10). Peserta dari kalangan siswa SMA itu berlomba pada berbagai bidang penelitian, yaitu sains dasar meliputi matematika, fisika, kimia, dan biologi. Kemudian, sains terapan seperti elektronika/mesin, pertanian, kesehatan, lingkungan, informatika/komputer, serta IPS atau humaniora meliputi ekonomi, bahasa, psikologi/pendidikan, sejarah, budaya, dan humaniora.

Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud Haris Iskandar mengatakan dengan OPSI itu diharapkan bisa menumbuhkembangkan minat serta bakat peserta didik atas ilmu pengetahuan dan teknologi.

Comal Ditutup Lalu Lintas Tersendat

Jembatan Comal sisi utara diperbaiki secara permanen terutama bagian konstruksi. Lalu lintas di jalur pantai utara Pulau Jawa kembali tersendat karena penutupan Jembatan Comal sisi utara yang terletak di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Jembatan Comal sisi utara saat ini dibongkar untuk diperbaiki, sejak kemarin, sehingga lalu lintas hanya bisa melewati jembatan sisi selatan yang sudah selesai dipoles.

Kendaraan harus antre satu-satu, baik dari arah barat (Jakarta) maupun dari arah timur (Semarang). Selain itu, diberlakukan pembatasan tonase, hanya kendaraan dengan bobot maksimal 40 ton yang dapat melintas. Itu membuat kendaraan berat kembali harus melewati jalur selatan dan jalur tengah hingga selesainya perbaikan.

Guru Harus Jadi Fasilitator dan Inovator

Rabu, 22 Oktober 2014

PARA guru dalam menjalankan tugas mereka dituntut mampu mewujudkan kualitas pengajaran bermutu dan memudahkan peserta didik menguasai ataupun mempraktikkan materi ajar.

“Para guru diharapkan mampu menjadi fasilitator dan inovator bagi anak didik untuk menjadi kreatif dalam belajar,” kata Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud Achmad Jazidie saat membuka Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran (LKIIP) guru SMK (sekolah menengah kejuruan) di Jakarta, kemarin. LKIIP dijadwalkan berlangsung pada 20-22 Oktober 2014.

Menurut dia, tuntutan profesi guru mengharuskan mereka untuk selalu memperbarui diri seiring dengan percepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang tumbuh dan berkembang. Bila sebelumnya, kata dia, pekerjaan rumah (PR) diberikan kepada siswa setelah mendapat pelajaran dari guru, yang terjadi saat ini PR diberikan sebelum pelajaran diberikan.

Hujan Datang, Sukabumi masih Krisis Air

SEJUMLAH warga di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengaku masih kesulitan mendapatkan air bersih meskipun dalam beberapa hari terakhir hujan sudah mulai turun. Hujan turun dengan intensitas rendah dan tidak merata di wilayah Sukabumi. Itu membuat krisis air bersih belum berakhir.

“Hujan memang sudah turun di beberapa wilayah di desa kami,” kata Edeh, Kepala Desa Bantargadung, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, kemarin. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih disibukkan menanggulangi masalah kekeringan meskipun hujan mulai turun. Berdasarkan pendataan, kekeringan dialami sembilan kecamatan.

Habis, Stok Raskin di Bulog Cirebon

BULOG Subdivre Cirebon, Jawa Barat, tidak akan salurkan beras untuk rakyat miskin (raskin) pada November dan Desember mendatang. Jatah raskin sudah habis, sehingga jika terjadi lonjakan harga, bakal ditekan dengan operasi pasar. “November dan Desember mendatang sudah tidak ada lagi alokasi raskin yang disalurkan,” kata Kepala Subdivre Bulog Cirebon, Yayat Hidayat, kemarin.

Oktober ini merupakan bulan terakhir penyaluran raskin di wilayah Cirebon. Tidak disalurkannya raskin untuk November dan Desember disebabkan alokasi untuk dua bulan tersebut sudah dikucurkan pada Februari dan Maret lalu, saat terjadi bencana banjir.

Kemendikbud Kebut Tata SMK

Selasa, 21 Oktober 2014

Dalam menyongsong MEA, mutu SMK harus terus ditingkatkan. Selain itu, idealnya jumlah SMK lebih banyak daripada SMA. EMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempercepat pembenahan mutu sekolah menengah kejuruan (SMK). Langkah perbaikan itu dilakukan demi menyiapkan tenaga terampil siap pakai dalam menyambut datangnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015.

“Upaya mencitrakan SMK ke publik sudah selesai. Kini saatnya meningkatkan mutu SMK guna mempersiapkan SDM yang unggul,” ujar Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Achmad Jazidi, di Jakarta, kemarin. Menurut Achmad, ada tiga cara utama untuk memperbaiki SMK. Langkah pertama ialah melengkapi sarana dan prasarana, khususnya peralatan praktikum laboratorium.

Daerah juga Ikut Berpesta

Di Surakarta, warga bakal mengarak tujuh tumpeng berukuran besar tepat pada 20 Oktober 2014. Untuk menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-Jusuf Kalla, ribuan kader, simpatisan, dan masyarakat Kota Semarang serta para relawan Jokowi-JK akan menggelar pesta rakyat. Menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang H Hendrar Prihadi, pesta rakyat yang akan digelar di Lapangan Simpang Lima Semarang itu merupakan wujud rasa syukur.

“Harapan kami, Pak Jokowi mampu mengemban amanat rakyat sesuai dengan janji saat kampanye,“ kata Hendrar Prihadi yang juga Wali Kota Semarang itu. Pesta rakyat yang akan dimulai seusai pelantikan Jokowi-JK pada hari ini akan diisi telekonferensi dengan presiden terpilih, kemudian orasi politik, pelepasan 750 lampion serta diakhiri hiburan rakyat dangdut. Wali Kota Semarang itu tak lupa mengucapkan selamat atas pelantikan Jokowi-JK sebagai pemimpin baru Republik Indonesia.“Semoga bisa membawa bangsa ini semakin makmur dan baik serta disegani negara-negara lain,“ ungkapnya.

Tasikmalaya bakal Genjot Infrastruktur

PEMERINTAH Kota Tasikmalaya bakal menggenjot pembangunan infrastruktur dalam lima tahun ke depan. Pasalnya, pembangunan jalan masih belum memadai dan merata ke seluruh wilayah. “Kualitas jalan dan rambu-rambu lalu lintas masih terlihat kurang,“ ujar Wali Kota Tasikmalaya H Budi Budiman, kemarin.

Belum memadainya infrastruktur, menurut Budi, juga terkait dengan penyediaan air bersih dan sektor pertanian seperti irigasi. Wali Kota Tasikmalaya juga menegaskan pihaknya bakal terus me ningkatkan sumber daya manusia terkait dengan upaya pembangunan pendidikan dan kesehatan.

DKI JAKARTA Bahu-membahu Sukseskan Syukuran Rakyat

SEBANYAK 40 ribu orang diperkirakan menghadiri acara puncak Syukuran Rakyat atas pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Untuk mengantisipasi kepadatan dan kemungkinan buruk yang terjadi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta menerjunkan 170 petugas kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Hemawati, pihaknya menurunkan 37 ambulans untuk mengevakuasi hadirin yang mendadak sakit. Selain itu, mereka mendirikan dua rumah sakit lapangan yang akan dibangun di kawasan Monas.

Pouly Juara Tour de Banyuwangi Ijen

Senin, 20 Oktober 2014

PEMBALAP sepeda asal Prancis yang tergabung dalam tim Singha Infinite Cycling Thailand, Peter Pouly, menjuarai lomba balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen 2014 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang berakhir kemarin. Dari empat etape yang dijalani sejak Kamis (16/10) dengan jarak tempuh 622,9 km, Pouly membukukan total waktu tercepat 16 jam, 44 menit, 43 detik. Ia lebih cepat 51 detik dari pembalap tim Pishgaman Yazd Iran, Hossein Askari (posisi kedua), dan 1 menit, 46 detik dari Amir Zargari juga dari Pishgaman (peringkat ketiga).

Di etape terakhir yang menempuh rute 140,5 km dari Kalibaru ke Kantor Pemkab Banyuwangi, Pouly yang mengenakan kaus kuning (yellow jersey) sebagai tanda pemimpin lomba tidak terlalu ngotot. Ia akhirnya hanya finis di urutan ke-44 bersama rombongan besar. Namun, catatan waktunya sama dengan juara etape akhir Mehdi Sohrabi (Tabriz Petrochemical Iran) yakni 3 jam, 10 menit, 33 detik.

Optimistis Jokowi Pertimbangkan PLTN

KEPALA Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Djarot Sulistio Wisnubroto optimistis pemerintah Jokowi-JK bakal serius mempertimbangkan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) sebagai solusi memenuhi kebutuhan listrik ke depan.

Ia menilai, pemerintah bakal sulit untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan listrik nasional jika hanya mengandalkan sumber energi baru terbarukan (EBT) semisal air, geothermal, angin dan tenaga surya. Pasalnya, daya listrik yang dihasilkan tersebut sulit direalisasikan sebesar potensi awal EBT-EBT tersebut.

“Kalau tidak segera dilakukan proyek yang agak ekstrim sulit kita memenuhi kebutuhan listrik di masa depan.Kalau Jokowi-JK benarbenar melihat semua potensi yang ada, saya optimistis pemerintah ke depan akan mempertimbangkan pembangunan PLTN,” ujar Djarot saat dihubungi di Jakarta, Kamis (16/10).

Menanti Kabinet Menuju Indonesia Hebat

Jokowi tidak gembar-gembor dalam menyeleksi calon menteri. Pengamat politik dari Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) Sukardi Rinakit menilai itu merupakan bentuk kehati-hatian Jokowi. SELAIN pelantikan Joko Widodo sebagai orang nomor satu di Indonesia, pengumuman nama nama menteri dan pejabat lembaga setingkat menteri termasuk yang menyedot perhatian. Alih-alih melakukan pemanggilan seperti di era Susilo Bambang Yudhoyono, Jokowi menggelar `operasi senyap'.

Dia ingin berkonsentrasi penuh agar bisa memiliki pembantu presiden yang bisa mengikuti ritme kerjanya selama 5 tahun mendatang untuk menciptakan Indonesia hebat. Hari-hari menjelang pelantikan selalu diisi dengan mempersiapkan postur kabinet dan figurfigur yang akan mengisi pos tersebut.

KPU Jamin Pelaksanaan Pilkada Serentak

Minggu, 19 Oktober 2014

KPUD jangan ragu menggelar pilkada serentak. KPU pusat menegaskan payung hukum Pilkada 2015 sudah jelas. PEMILIHAN kepala daerah (pilkada) serentak pada 2015 dipastikan berlangsung mulus karena tidak ada lagi ganjalan terkait payung hukum. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) seluruh Indonesia bisa bekerja tenang menyiapkan pilkada serentak.

Demikian ditegaskan Ketua KPU pusat Husni Kamil Malik di sela-sela pertemuan dengan sejumlah komisioner KPU kota/kabupaten se-Jawa Timur di Kantor KPU Kabupaten Madiun, kemarin.

“Teman-teman KPU daerah tidak perlu bingung. Saat ini perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) No 1 Tahun 2014 masih jadi pedoman. Seandainya perppu tersebut ditolak DPR, kita akan memakai aturan lama hingga keluar putusan.Beres toh!“ ujar Husni.

Tumpukan Sampah di Pesanggrahan Jakarta Barat

Pada Jumat (17/10) saya melewati jembatan dari Srengseng menuju Jalan Pesanggrahan, Jakarta Barat.Saat itu baru pukul 06.0007.00 WIB. Saya biasa lewat di jalan tersebut, bahkan hampir setiap hari berangkat dan pulang kantor.

Namun, alangkah kagetnya saya ketika lewat jalan tersebut pada pagi hari, karena ada tumpukan sampah menggunung di sisi kiri bawah jembatan menuju Jalan Pesanggrahan. Tumpukan sampah yang lumayan tinggi dan menyebar cukup banyak itu berada di pinggir Jalan Pesanggrahan di samping jembatan dari arah Srengseng.

Serapan Beras Merosot

Harga pembelian pemerintah yang rendah memicu naiknya harga beras. Pada Musin kemarau harga beras terus melambung. Pasokan beras di Bulog pun mengalami penyusutan. Kekeringan telah memberikan dampak terhadap penyerapan beras di Perum Bulog Divisi Regional Nusa Tenggara Timur. Kepala Bidang Pelayanan Publik, Bulog Divre NTT Alexander Malelak mengungkapkan penyerapan beras dari petani merosot tajam akibat kemarau ekstrem. Persentase penurunan penyerapan beras sampai kemarin mencapai 45,88% atau hanya 5.443 ton dari kuota selama 2014 sebanyak 10.031 ton.

“Saat ini Bulog kesulitan membeli beras dari petani karena harga beras di kalangan petani paling rendah Rp7.500 per kilogram atau lebih tinggi daripada harga pembelian pemerintah (HPP) sebesar Rp6.600 per kilogram,” kata Alexander, kemarin.

Penurunan penyerapan beras paling banyak terjadi di persawahan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, akibat kerusakan saluran irigasi. Serapan beras di daerah itu hanya 360 ton dari target ribuan ton.

Investasi Naik tanpa Penyerapan Tenaga Kerja

Sabtu, 18 Oktober 2014

KENAIKAN investasi pada triwulan III 2014 ternyata tidak berdampak pada peningkatan penyerapan tenaga kerja. Perbaikan di bidang ketenagakerjaan diperkirakan mampu mengatasi persoalan itu.
“Investasi pada tahun ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya memang lebih padat modal,“ kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar di Jakarta, kemarin.

Akibatnya, tambah Mahendra, daya saing pada bidang yang banyak menyerap tenaga kerja belum baik. Salah satu persoalan ketenagakerjaan yang saat ini menjadi sorotan ialah upah buruh.Investor dan pengusaha, kata dia, menginginkan kejelasan sistem pengupahan. “Upah buruh itu merupakan bagian dari perencanaan bisnis. Ini sebagai upaya mitigasi risiko,“ ujarnya.

BALAI KOTA DKI 20 SPBG Statis dan Mobile Dibangun

POLUSI Jakarta sudah sedemikian parah danmasuk salah satu yang terburuk di dunia. Pemprov DKI berusaha menekan dengan mengalihkan penggunaan bahan bakar bensin ke gas. Langkah awal penggunaan gas dimulai bus Trans-Jakarta, diikuti angkutan umum serta kendaraan dinas jajaran Pemprov DKI. Dalam mendukung upaya menjadikan udara Jakarta lebih sehat, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku BUMD Pemprov DKI menandatangani nota kesepahaman dengan PT Transportasi Jakarta untuk menambah stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), kemarin.

Jakpro akan membangun 20 SPBG yang dijadwalkan rampung pada 2015 untuk melayani kebutuhan bus TransJakarta dan kendaraan lain. “Nanti, Pemprov DKI tidak lagi menggunakan kendaraan dinas berbahan bakar bensin, tetapi BBG dengan cara menyewa mobil,“ kata Sekda DKI Saefullah seusai acara penandatanganan.

Atasi Defisit tidak Cukup Menaikkan Harga BBM


DEFISIT transaksi berjalan tidak boleh hanya diatasi dengan strategi jangka pendek lewat penaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.Pemerintah baru harus melakukan perbaikan jangka panjang.
Mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan agak berat bagi pemerintah baru untuk menekan defisit transaksi berjalan di bawah 3% terhadap produk domestik bruto.

Defisit transaksi berjalan sudah terjadi sejak 1980. Namun, defisit kala itu hanya 1% terhadap PDB karena neraca perdagangan migas surplus. Begitu juga pada 1990, ne raca transaksi berjalan defisit 2% terhadap PDB, tetapi bisa diatasi karena neraca sektor nonmigas surplus.

Musim Paceklik, Pasokan Beras Turun

Jumat, 17 Oktober 2014

Perum Bulog mulai kesulitan melakukan pengadaan beras karena musim kemarau tidak ada daerah yang panen beras. MUSIM kemaraudan kekeringanmemengaruhi produksi beras di sejumlah daerah. Gudang-gudang Bulog pun mulai kekurangan pasokan beras.

Perum Bulog Kantor Subdivisi Regional Malang, Jawa Timur, semakin kesulitan melakukan pengadaan beras karena tidak ada panen selama musim kemarau. Kepala Bulog Subdivre Malang, Langgeng Wisnu Adinugroho menjelaskan pasokan beras selama pengadaan Agustus terus berkurang. Penyebabnya, mitra kerja Bulog kesulitan membeli hasil panen petani.Bahkan mitra kerja Bulog pun harus mencari pasokan beras hingga Kabupaten Lamongan.

“Di Malang sudah tidak ada panen. Mitra kerja juga mencari sampai ke Lamongan, tapi sebagian besar sudah panen raya,“ ujar Langgeng, kemarin.

Kesimpulan Gegabah Gunung Padang

Penelitian situs Gunung Padang mengundang polemik. Keyakinan adanya piramida dan logam mulia berakhir kontroversi. Media Indonesia bersama Metro TV menelusuri keganjilan yang mencuat. Saksikan juga tayangannya di program Realitas Metro TV malam ini pukul 23.05 WIB. TIM Katastropik Purba, ben tukan Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arif, telah bekerja sejak 2011 di Gunung Padang.

Mereka pun kemudian menyatakan ke publik bahwa situs Gunung Padang memendam kekayaan luar biasa, di antaranya piramida yang lebih luas dan lebih tua daripada Candi Borubudur. Bentuknya mirip piramida Machu Pichu di Peru.

Kelompok yang berubah nama menjadi Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) itu juga mengungkapkan adanya logam mulia sekurang-kurangnya seberat 3 ton, lapisan pasir ayak peredam gempa, jejak teknologi pelayaran, serta batu `kujang' yang merupakan senjata tradisional Sunda.

Genjot Bioindustri Berbasis Sumber Lokal

PERINGATAN Hari Pangan Sedunia (HPS) dimulai sejak Food and Agriculture Organization (FAO)-organisasi pangan milik PBB-menetapkan World Food Day melalui Resolusi PBB No 1 Tahun 1979 di Roma Italia. Tanggal 16 Oktober dipilih karena bertepatan dengan terbentuknya FAO. Penyelenggaraan HPS di Indonesia menjadi momentum dalam meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para pemangku kebijakan terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi.

Tahun ini, peringatan HPS ke34 mengambil tema Pertanian bioindustri berbasis pangan lokal potensial. Mengapa bioindustri? Bioindustri adalah salah satu bagian dari bioteknologi, yakni penerapan mikroorganisme dan enzim dalam skala besar (industri) yang memperhitungkan kajian ekonomis dan untung rugi suatu proses produksi. Nah, pertanian bioindustri menjadi salah satu strategi Indonesia ke depan seperti yang tercantum dalam Strategi Induk Pembangunan Pertanian (SIPP) 20132045.

Penetapan Upah Tetap Alot

Kamis, 16 Oktober 2014

Pemerintah berharap seluruh provinsi telah menetapkan UMP pada 1 November mendatang. KSPI menginginkan upah minimum di Jabodetabek tidak lebih rendah dari pada di Kuala Lumpur, Manila, maupun Bangkok. Hal itu menyambut berlakunya MEA 2015.

TAHUN demi tahun, proses penetapan upah minimum provinsi (UMP) selalu saja berjalan lambat. Kondisi tersebut dipicu alotnya pencapaian kesepakatan antara pengusaha dan serikat pekerja/ buruh, meskipun dengan mediasi pemerintah. Hingga kemarin, baru Kalimantan Tengah yang sudah menetapkan UMP 2015 , yakni sebesar Rp1.896.367, naik 10% dari UMP tahun ini yang sebesar Rp1.723.970 (lihat tabel).

Industri Padat Karya Mainkan Peran Penting

INDUSTRI padat karya masih akan memainkan peranan penting dalam penyerapan jumlah tenaga kerja. Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong pengembangan industri tersebut. Tujuan utamanya menyerap tenaga kerja dengan tingkat pendidikan yang masih rendah.

“Ini suatu solusi sambil tingkat pendidikan kita naik sebab tingkat pendidikan pekerja masih sekitar 40% SD (sekolah dasar),” ujar Direktur Jenderal Kerja Sama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana melalui sambungan telepon, kemarin.

Masyhur hingga ke Mancanegara

Taman Sari Royal Heritage Spa membuktikan pengaplikasian tradisi di dunia bisnis serba modern bernilai tambah dalam menghadapi persaingan global. SOLUS per aqua, atau biasa disingkat menjadi spa, merupakan jenis terapi yang berasal dari Belgia. Perawatan melalui air itu begitu populer karena dipercaya mampu memberikan manfaat bagi tubuh. Dengan mengadopsi konsep tersebut, Taman Sari Royal Heritage Spa (TSRHS) hadir pertama kali sejak 1997 silam di Yogyakarta.

TSHRS tidak sepenuhnya mengadopsi konsep spa dari luar negeri. Perintis TSRHS, DR BRA Mooryati Soedibyo menggali tradisi dari negeri sendiri untuk memberikan keunikan dari perawatan yang ditawarkannya. Kompleks pemandian Taman Sari di Yogyakarta akhirnya menjadi rujukan utama.

BALAI KOTA 10.057 PNS Pemprov Mendaftar Promosi

Rabu, 15 Oktober 2014

SEBANYAK 10.057 pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov DKI dan jajaran melamar hingga batas akhir penutupan pendaftaran secara daring, kemarin. Mereka akan mengikuti beberapa kali tes untuk meraih penaikan jabatan dengan posisi eselon II, eselon III, eselon IV, dan staf sesuai golongan yang telah ditetapkan. Selanjutnya mereka akan mengikuti assesment yang akan dimulai hari ini. Ditargetkan, pelantikan massal akan dilakukan pada akhir Desember nanti.

Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI, Ismer, di Balai Kota DKI, kemarin, mengatakan untuk pejabat eselon II, yang melamar sudah mengikuti assesment terlebih dahulu, yakni sebanyak 88 pejabat. Mereka mengikuti assesment selama tiga hari, yakni pada 8-10 Oktober lalu. “Kalau yang eselon II sudah mengikuti assesment.

Kinerja DPRD Rendah karena tidak Diawasi

PEJABAT politik di DPRD mempunyai kinerja terendah dan kalah bila dibandingkan dengan birokrat dan masyarakat. Itu terungkap melalui Indonesia Governance Index (IGI) 2012-2014 yang dilakukan Kemitraan terkait kinerja kabupaten/kota di Indonesia.

Hasil tersebut didapat dari data penelitian yang diambil di 34 kabupaten/kota dengan menggunakan 126 indikator penilaian. “Pejabat publik di provinsi dan kabupaten/kota merupakan arena paling rendah nilainya. Di sisi lain, kinerja DPRD selama ini belum terbukti berhasil,“ ujar Peneliti Utama IGI Kemitraan Lenny Hidayat saat Peluncuran Nasional Indeks Tata Kelola (IGI) di Jakarta, kemarin.

Rakyat Berpesta Sambut Pemimpin


Pesta rakyat ini menjadi gerakan mengawal presiden dan wapres terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla agar terus bekerja untuk rakyat. JOKOWI-JK adalah kita. Ungkapan itu telah me menangi hati rakyat untuk memilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presi den RI periode 2014-2019.

Kegaduhan politik di Senayan yang memberi kesan akan mengganjal pemerintahan baru telah mengusik berbagai elemen relawan Jokowi-JK. Untuk membuktikan rakyat memercayakan asa kepada Jokowi-JK, para relawan akan menggelar pesta rakyat pada saat pelantikan Jokowi-JK menjadi presiden dan wakil presiden di kompleks parlemen Senayan, 20 Oktober nanti.

Kota Transisi Terkena Bullying

Kota Bekasi diolok-olok sebagai kota yang serbakurang. Namun, pemerintah setempat menganggapnya sebagai kritik di masa transisi. DAGELAN para netizen atau pengguna media sosial yang merundung (bully) Kota Bekasi, Jawa Barat, sepekan terakhir mulai membuat pemerintah kota itu bereaksi. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menilai para netizen yang mengolok-olok Bekasi tidak memahami esensi konsep dan orientasi pembangunan.

Menurutnya, Bekasi yang 10 tahun lalu didominasi masyarakat agraria, kini menjadi pusat perdagangan dan jasa. Perubahan itu kemudian mengubah kegiatan ekonomi, sosial, dan politik masyarakat. Aktivitas sektor perdagangan dan jasa berlangsung di wilayah perkotaan.