Google Adsense

Serayu Meluap, 4 Kabupaten Terendam

Senin, 29 Desember 2014

CURAH hujan di hulu Sungai Serayu wilayah perbatasan Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng) membuat air di sungai terbesar di Jateng selatan tersebut meluap. Akibatnya, terjadi banjir bandang di 4 kabupaten yakni Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, hingga Cilacap.

Banjir bandang Sungai Serayu mulai terjadi sejak Kamis (11/12) malam. Curah hujan yang tinggi membuat pengelola Waduk Panglima Besar (PB) Soedirman, Mrica, Banjarnegara membuka empat pintu bendungan.

Longsor Melanda 5 Orang Tewas

Minggu, 28 Desember 2014

Peristiwa bermula dari karang yang longsor dan menimpa para sopir yang sedang menunggu antrean agar bak truk mereka diisi karang.
BENCANA longsor terjadi di beberapa daerah di wilayah Indonesia, kemarin. Tercatat lima orang tewas akibat longsor. Empat orang di Jayapura, Papua, dan satu orang di Wobosobo, Jawa Tengah.

Bencana alam tanah longsor di kawasan Polimak Karang, Kota Jayapura, terjadi kemarin sekitar pukul 17.00 WIT. Selain menyebabkan empat orang tewas di tempat, bencana itu juga mengakibatkan satu orang terluka sehingga harus mendapat perawatan intensif di RSUD Dok 2, Kota Jayapura.

Petani Jateng Minta Pemulihan Peredaran Pupuk

Jika penyebaran pupuk majemuk tidak dikotak- kotak, produksi beras Indonesia diyakini sudah melimpah sejak dua tahun terakhir.
SEJUMLAH organisasi petani di Jawa Tengah meminta pemerintahan Jokowi-JK memulihkan peredaran pupuk majemuk (NPK) Pelangi dan Kujang ke seluruh wilayah Tanah Air yang sempat hilang selama dua tahun terakhir. Langkah itu perlu sebagai dorongan agar program swasembada pangan yang dimulai 2015 tidak gagal di tengah jalan. “Petani senang sekali dengan tekad Presiden Jokowi yang ditegaskan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang menginginkan percepatan swasembada pangan pada 2015.

Tanah di Perbatasan Disertifikasi

Sabtu, 27 Desember 2014

Kementerian Keuangan Malaysia mendukung upaya pemerintah Indonesia menyertifikasi tanah di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar Indonesia. Pemerintah mengatakan banyak aset negara berupa tanah di perbatasan dengan Malaysia dan pulau-pulau terluar yang belum tesertifikasi. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan menargetkan di akhir 2015 persoalan itu selesai.

“Kita akan sertifikasi tanah yang berbatasan dengan wilayah darat negara tetangga (Malaysia),“ ujar Ferry seusai menerima tamu dari Kementerian Keuangan Malaysia di Jakarta, kemarin. Namun, Ferry tidak memerinci berapa luas tanah yang akan disertifikasi pemerintah Indonesia.

LIPI dan Universitas Diminta Pecahkan Masalah Transmigrasi

LEMBAGA penelitian dan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan sumbangsih lebih besar untuk pembangunan daerah ter tinggal melalui transmigrasi. Hal itu dikemu kakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar, saat penandatanganan naskah kesepahaman bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan empat perguruan tinggi di Indonesia, di Jakarta, kemarin.

Warga Proaktif Menjaga Wilayah

ADA pepatah menyebutkan lebih mudah mendapatkan daripada mempertahankan. Begitu pula dalam menjaga wilayah Kompleks Permata agar tidak kembali lagi menjadi wilayah yang sebelumnya tenar dengan nama Kampung Ambon itu. Dibutuhkan sinergi antara pemangku kepentingan seperti BNN, kepolisian, dan Pemerintah Kota Jakarta Barat dengan warga sekitar agar bisnis narkoba tidak kembali marak.

Menyelisik JeJak Kampung Ambon

Jumat, 26 Desember 2014

Puluhan lapak cepat saji narkoba di Kampung Ambon dipaksa gulung tikar sejak gembong-gembongnya ditangkap. Warga setempat pun menyambut baik perubahan itu. Nama Kampung Ambon yang identik dengan kekelaman, mereka ubah menjadi Kompleks Permata.
BANDAR besar dan lapak pen jualan narkoba di Kampung Ambon telah dibumihanguskan. Namun, tidak ada yang bisa menjamin bahwa jejaknya telah hilang 100 persen. Bahkan, pihak kepolisian mulai mewaspadai wilayah luar di sekitar Kampung Ambon.

Dulu, siapa pun yang mendengar Kampung Ambon dipastikan akan bergidik ngeri, kecuali mereka yang mencari kesenangan sesaat. Bagaimana tidak, Kampung Ambon yang terdiri atas RT 001-RT 007 di RW 07 Kelurahan Kedaung Kaliangke, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, itu sempat tenar sebagai wilayah one stop shopping narkoba. Konsumen tidak hanya membeli untuk dibawa pergi, tapi juga bisa langsung menikmati paket cepat saji narkoba yang disuguhkan layaknya tengah berada di sebuah kafe.

Sistem Bagi Hasil Paling Menguntungkan

Dalam sistem PSC negara memiliki kendali atas kegiatan operasi hulu migas. Perusahaan migas hanya sebagai kontraktor. Pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (migas) hingga kini menggunakan sistem kontrak bagi hasil atau production sharing contract (PSC). Sebuah sistem yang masih dianggap paling menguntungkan negara.Mengapa demikian?

Kegiatan usaha hulu migas terdiri atas kegiatan eksplorasi dan produksi. Eksplorasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan mencari cadangan migas baru. Jika hasil eksplorasi menemukan cadangan migas yang cukup menguntungkan untuk dikembangkan, kegiatan akan dilanjutkan dengan kegiatan produksi.

Korban Lumpur Lapindo Jangan Dijanjikan Terus

Kamis, 25 Desember 2014

PEMERINTAHAN diminta memenuhi janjinya menyelesaikan ganti rugi warga korban lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur. Korban jangan dijanjikan terus-menerus. “Sampai sekarang penyelesaian ganti rugi korban lumpur tak kunjung tuntas. Mereka dijanjikan terus tanpa realisasi,” kata Wakil Ketua Komite II DPD RI Ahmad Nawardi di Surabaya, kemarin.

Menurutnya, DPD berharap pemerintah Jokowi tidak berjanji lagi. Penuhi tuntutan warga korban lumpur Lapindo. Dia menjelaskan semburan lumpur Lapindo sejak 2006 hingga sekarang belum dapat diselesaikan pemerintah. Padahal, anggaran APBN yang dikeluarkan sudah banyak. Uang triliunan rupiah dikeluarkan, tapi bukan untuk korban. Anggaran dikeluarkan lebih banyak untuk melokalisasi lumpur.

Perkara Industri Banyak Mandek

Selasa, 23 Desember 2014

MAHKAMAH Agung harus memprioritaskan penuntasan kasus-kasus yang melibatkan institusi dan perusahaan besar demi menjamin kepastian berinvestasi karena kasus-kasus tersebut terkait industri di dalamnya. Hal itu dikemukakan mantan hakim agung Djoko Sarwoko di Jakarta, kemarin.

“Untuk kasus besar yang menyangkut masyarakat banyak harus diprioritaskan sebab putusan yang harus diambil kan juga harus cepat,“ tuturnya. Oleh karena itu, lanjutnya, untuk kasus-kasus besar yang melibatkan institusi besar dan masyarakat harus ada prioritas, seperti pada kasus yang menimpa PLN, Chevron, IM2, dan Merpati, karena masalah administrasi hukum sangat penting untuk proses selanjutnya.

UU Pers Dicabut dari Kasus Obor

Bareskrim Mabes Polri kembali memeriksa kedua tersangka untuk melengkapi pemberkasan agar tidak berlarut-larut. Penyidik Bareskrim Polri meniadakan UU Pers yang awalnya digunakan untuk menjerat dua tersangka kasus Tabloid Obor Rakyat. Keduanya akhirnya dikenai pasal UU KUHP tentang pencemaran nama baik dan fitnah.

Kepala Subdirektorat IV/ Tindak Pidana Pemilu Direktorat I/Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Agus Sarjito mengatakan sesuai koordinasi yang dilakukan dengan pihak Dewan Pers, tidak tepat memasukkan UU Pers dalam kasus Obor Rakyat. “Karena Obor Rakyat juga dianggap bukan produk jurnalistik. Itu juga berdasarkan petunjuk kejaksaan,“ terang Agus di ketika dihubungi Media Indonesia, kemarin.

Pemerintah Harus Tarik RUU KUHP-KUHAP

Senin, 22 Desember 2014

PUSAT Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada dan Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak pemerintah menarik kembali Rancangan Undang-Undang KUHP-KUHAP yang telah dibahas anggota DPR periode 2009-2014. Menurut dua lembaga itu, dua RUU itu akan melemahkan kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kami meminta naskah itu (draf RUU KUHAP-KUHP) ditarik kembali. Kami setuju jika akan dibahas lebih lanjut, tapi perlu dirombak ulang,“ kata Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan ICW Emerson Yuntho di Sekretariat Pukat UGM, Yogyakarta, kemarin.

JAKARTA, INDONESIA RI Didesak untuk Ratifikasi FCTC

SEJUMLAH lembaga pegiat hak asasi manusia (HAM) Tanah Air, kemarin, meminta pemerintah Indonesia segera meratifikasi Konvensi Kerangka Pengendalian Tembakau atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) yang telah berlaku efektif sejak 2005. Penundaan ratifikasi itu dinilai ironis mengingat Indonesia ialah negara dengan kosumen rokok terbesar ketiga di dunia setelah Tiongkok dan India.

Nelayan Hadapi Musim Paceklik

Gelombang laut tinggi dan cuaca ekstrem menyebabkan ribuan nelayan tradisional berhenti melaut. GELOMBANG laut tinggi yang disebabkan cuaca eks tremmenyebabkan para nelayan mengalami paceklik. Para nelayan Indramayu, Jawa Barat, diprediksi mengalami masa paceklik karena tidak bisa melaut selama dua bulan.

Ketua Kelompok Keselamatan Pelayaran Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Indramayu, Kementerian Perhubungan, Koko Sudeswara menjelaskan pihaknya telah mengeluarkan surat imbauan kepada para nelayan tradisional sejak 7 Desember. “Isinya imbauan agar nelayan tidak melaut terlebih dahulu,“ kata Koko di Indramayu, kemarin.

Subsidi Tetap Dikaji

Sabtu, 20 Desember 2014

PEMERINTAH mulai mengkaji skema subsidi bahan bakar minyak (BBM) menjadi subsidi tetap pada tahun depan. Langkah itu dilakukan untuk mengurangi beban anggaran negara. Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan hal itu seusai acara CNBC Summit Indonesia 2014 di Jakarta, kemarin.“(Subsidi tetap) mungkin tahun depan, besarannya nanti,“ sebut JK, yang juga Wakil Presiden RI 20042009 itu.

Penggabungan Tarif PSC pada Tiket Diundur

Jumat, 19 Desember 2014

"Mundurnya waktu implementasi karena airline asing membutuhkan waktu untuk menyiapkan sistem dalam penggabungan PSC pada tiket pesawat. "PENUMPANG moda transportasi udara masih belum dapat menikmati layanan pembebasan tarif passenger services charge (PSC) atau pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) pada awal Januari 2015. Pasalnya, kebijakan itu diundur untuk penerbangan Maret tahun depan.

Menjaga Harmonisasi Alam dan Bisnis

PT Pertamina (persero) berhasil memboyong empat dari sembilan piala Emas Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Tahun 2013-2014. Piala Emas diberikan kepada PT Badak NGL, PT Geothermal Energy Area Kamojang,Terminal BBM Rewulu dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai, Bali. Selain empat piala itu, Pertamina juga meraih 42 PROPER Hijau.

Susi Cokok 22 Kapal Ikan Tiongkok

Kamis, 18 Desember 2014

TIM gabungan yang melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan menangkap 22 kapal asal Tiongkok yang kedapatan mencuri ikan di Laut Arafura, Papua. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyurati Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia tentang penangkapan itu.

“Kemarin (7/12) pukul 15.00 WIT kami tangkap 22 kapal Tiongkok yang melakukan illegal fishing di Arafura, kapasitasnya 300 gros ton,“ jelas Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, di Jakarta, kemarin.

Perpanjangan Harus Audit Konstruksi Bangunan

BUKAN hanya pohon besar yang rawan tumbang akibat terjangan angin puting beliung di musim hujan. Papan reklame besar pun kerap jatuh dan menimpa apa pun yang ada di sekitarnya. Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B), Putu Ngurah Indiana mengaku tidak bisa memprediksikan lokasi-lokasi rawan terjadi rubuhnya reklame.

Dana Reses Mubazir

Rabu, 17 Desember 2014

Fitra menuding anggota dewan tidak bisa membawa aspirasi rakyat ke tingkat nasional karena sibuk bertengkar. Direktur Investigasi dan Advokasi Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi (Fitra), Uchok Sky Khadafi, menilai biaya reses DPR RI yang begitu besar hanya akan menghambur-hamburkan pajak rakyat karena tujuan dan fungsi reses itu sudah mandul.

Reses ialah masa ketika DPR melakukan kegiatan di luar masa sidang berupa kunjungan kerja anggota dewan baik perorangan maupun berkelompok. Namun, karena DPR sempat terbelah dan lebih banyak bertengkar, seluruh aspirasi rakyat dinilai gagal dibawa ke tingkat nasional.

Memproteksi sekaligus Menabung

Asuransi tabungan (endowment) memberikan kepastian nilai dana kepada nasabahnya. Perencanaan keuangan ada baiknya dilakukan sejak usia produktif untuk mengurangi risiko keuangan yang datang tiba-tiba. Sebut saja kehilangan pekerjaan, sakit yang membutuhkan biaya besar, kehilangan harta benda, dan kematian.

CEO of PT Cerdas Keuangan Indonesia M Andoko mengatakan perencanaan keuangan bisa dimulai dengan mengatur pengeluaran dan pendapatan (cash flow management) setiap bulannya. Kemudian, kata dia, asuransi jiwa merupakan pilihan yang tepat untuk berinvestasi jangka menengah dan panjang.

Ponsel, Mobil, dan Band

Selasa, 16 Desember 2014

BELUM banyak yang mengenal sosok Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Sebelum mengisi posisi di Kabinet Kerja milik Presiden Joko Widodo, pria kelahiran Surakarta, 5 November 1954, itu menjabat direktur jenderal penataan ruang.

Keseharian Basuki cukup sederhana.Dalam menjalankan tugas, ia masih menggunakan mobil dinas lamanya selaku dirjen penataan ruang, Toyota Fortuner hitam bernomor polisi B 1415 RFS. Mobil itu pun sebenarnya bukan mobil baru, melainkan lungsuran dari dirjen sebelumnya.

Banjir Melanda Wilayah Jatim

Senin, 15 Desember 2014

Banjir membuat 70 rumah di empat desa tergenang dengan ketinggian hingga 60 sentimeter. BANJIR bandang ter jadi di sejumlah wi layah di Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir. Warga diminta mewaspadai banjir susulan.

Di Bojonegoro, misalnya, kerugian materi akibat banjir bandang melanda empat desa di Kecamatan Malo diperkirakan mencapai Rp 150juta. Itu terjadi setelah sebuah jembatan penghubung antardesa terputus dan tanggul penahan tanah sepanjang 40 meter jebol diterjang air bah.

Sistem PLTA Pompa bakal Diperbanyak

Pompa untuk mengalirkan air dan menggerakkan turbin. Harganya memang terbilang mahal, sekitar Rp20 miliar. Pembangunan waduk atau bendungan secara masif untuk pertanian berefek bagi penyediaan listrik. Metodenya berupa bendungan dengan sistem pumped storage. Itu untuk menyiasati pemakaian persediaan air waduk yang hanya dipakai pada musim kemarau.

Hal tersebut didasarkan hasil inspeksi Wapres Jusuf Kalla ke Waduk Kedung Ombo, Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (5/12). Ia baru tahu bahwa pintu air waduk ke saluran irigasi ditutup pada saat banyak hujan, sebab petani menggunakan sistem tadah hujan.

DPRD Desak Pemkot Usut 2 Hektare Aset SDN

ASET tanah seluas 2 hektare dari 20 sekolah dasar negeri (SDN) di Kota Depok raib. Tanah tersebut merupakan hibah dari masyarakat yang diserahkan Pemerintah Kabupaten Bogor kepada Pemerintah Kota Depok.

“Kami minta inspektorat Kota Depok segera mengauditnya. Hasilnya segera dipublikasikan ke masyarakat. Aset tanah yang hilang itu luasnya sekitar 20 ribu meter persegi atau 2 hektare.

MANUFACTURING INDONESIA 2014 Tumbuh Kembangkan Pembuat Mesin

Minggu, 14 Desember 2014

SALAH satu karakteristik negara industri ialah banyaknya jumlah pembuat mesin untuk kebutuhan produksi. Semakin banyak jumlah mesin yang dihasilkan, maka semakin maju negara tersebut. Karena itu, kemampuan para insinyur Indonesia untuk membuat mesin produksi perlu ditingkatkan.

Demikian diungkapkan Automation Center Manager at PT Omron Electronics Albert Rosano Lengkong dalam sebuah seminar di ajang Manufacturing Indonesia 2014 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, kemarin.

Kemenpora Minta KOI Cepat Putuskan Cabang AG 2018

Sabtu, 13 Desember 2014

Ketua KOI Rita Subowo mengatakan akan segera melaporkan hasil tersebut kepada Komite Olimpiade Asia (OCA) pada Januaritahun depan.
KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendesak Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk segera menentukan cabang olahraga apa saja yang akan dipertandingkan/dilombakan di Asian Games (AG) 2018.

Desakan tersebut dilontarkan Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S Dewa Broto di sela-sela diskusi Evaluasi Prima dan Standardisasi Prestasi sebagai Fondasi Sukses Asian Games 2018 di Jakarta, kemarin.

Loyalitas tidak Kenal Batas

Jumat, 12 Desember 2014

Jarak ribuan kilometer dari Ternate, Maluku Utara, hingga Bali rupanya bukan jarak yang panjang buat Adi Heriyadi. Lelaki yang membuka usaha bengkel motor di Ternate itu bahkan tak terlihat letih ketika berbincang dengan wartawan di sela-sela gelaran Honda Bikers Day 2014 di Pantai Pandawa, Bali, Sabtu (29/11).

Padahal, ia bersama empat rekannya baru saja menempuh perjalanan kurang lebih 3.400 kilometer dengan menggunakan sepeda motor. Adi yang mengendarai skutik Honda Beat mengaku menghabiskan waktu sekitar setengah bulan untuk sampai ke Bali dengan santai.

Media Massa Dongkrak Filantropi

Kamis, 11 Desember 2014

Pertumbuhan positif sektor filantropi di Indonesia tidak lepas dari peran media massa. Persepsi publik yang positif dan kepercayaan terhadap media massa membuatnya berperan besar dalam pengembangan filantropi.

“Dalam lima tahun terakhir penggalangan dana kemanusiaan oleh media massa berperan penting dalam membantu kegiatan filantropi di Indonesia, di antaranya mendongkrak sumbangan perusahaan pada 2013 hingga mencapai Rp8,6 triliun,“ ungkap Direktur Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC) Hamid Abidin pada peluncuran buku Levers for Change di Jakarta, kemarin.

Polda Papua Buru Penembak 2 Anggota Brimob

Rabu, 10 Desember 2014

KELOMPOK bersenjata yang mengincar aparat keamanan terus beraksi di Papua.Kemarin, dua anggota Brigade Mobil Kepolisian Daerah Papua tewas ditembak di depan kantor bupati, di Ilaga, Kabupaten Puncak.

Mereka ialah Ajun Inspektur Dua Thomson Siahaan dan Brigadir Dua Everson. Saat kejadian, keduanya tengah membantu menurunkan kursi dan tenda yang akan digunakan untuk persiapan perayaan Natal di Gereja Kemah Injil Indonesia.

DKI JAKARTA Reklame Rokok di Ruang Publik Dibatasi

“Kami dukung kebijakan itu (larangan merokok). Kalau di bidang pajak, kami akan batasi pemasangan reklame.”
DINAS Perhubungan DKI Jakarta tengah menggodok peraturan tentang pelarangan penjualan rokok di terminal.
Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta pun siap mendukung kebijakan itu dengan rencana memperluas pembatasan pemasangan reklame rokok di wilayah Ibu Kota.

RI Bangun 80 Bandar Baru

Selasa, 09 Desember 2014

PEMERINTAH segera membangun 80 pelabuhan (bandar) dan membuka 86 trayek pelayaran baru untuk melayani daerah terpencil mulai Maret 2015. Selain itu, pemerintah bakal membuka tujuh bandar udara (bandara) dan 66 rute penerbangan baru tahun depan.

“Presiden meminta supaya perbatasan dan pulau terluar yang berpenghuni kondisinya minimal sama dengan (wilayah negeri) tetangga. Terkait konektivitas akan mulai dibangun kapal perintis ukuran 750 dead wight tonnes (dwt) dan 1.200 dwt untuk Bitung dan Maluku Utara,” jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo di Jakarta, kemarin.

Kelanjutan Riset Gunung Padang demi Peradaban

Senin, 08 Desember 2014

Ada perbedaan pandangan antara peneliti satu dan peneliti lainnya mengenai Situs Gunung Padang. Ada yang menganggap Situs Gunung Padang sebagai punden berundak dan ada juga yang menganggap sebagai piramida.

PEMERINTAH tetap melanjutkan penelitian peninggalan megalitikum Situs Gunung Padang di Desa Karyamukti Kecamatan Cempaka, Cianjur, Jawa Barat, untuk mengetahui peradaban dan budaya manusia pada masa lampau.

CIREBON, JAWA BARAT Festival Seni Budaya Internasional Digelar

Sabtu, 06 Desember 2014

Hari ini, Gotrasawala II akan digelar di Kota Cirebon, Jawa Barat. Helaran itu merupakan strategi pemasaran untuk mengekspos seni budaya di Jawa Barat hingga ke tingkat internasional. Acara digelar mulai Rabu (3/12) sampai Sabtu (6/12).“Dengan tema Revisiting Cirebon in 17th Century, kami yakin festival ini bisa dijual di tingkat internasional,“ papar Direktur Gotrasawala II Franki Raden, di Cirebon, kemarin.

Angin Puyuh Rusak 61 Rumah

Pergantian musim memunculkan angin puyuh (puting beliung) yang menimbulkan kerusakan, seperti yang terjadi di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (1/12). Angin puting beliung menerjang empat desa di Kecamatan Batu Putih. Angin tersebut merusak 61 rumah milik warga di Desa Danggedang, Batu Putih Laok, Batu Putih Daya, dan Batu Putih Kenek.

Tinggi, Potensi Longsor di Tasikmalaya

Jumat, 05 Desember 2014

MUSIM penghujan yang terus terjadi di berbagai wilayah di Tasikmalaya, Jawa Barat, berdampak pada tanah longsor dan pergerakan tanah. Kini jumlahnya telah mencapai 80 persen, termasuk potensi bencana tsunami di sepanjang 52 kilometer pantai selatan.
“Kabupaten Tasikmalaya paling rawan bencana alam dan pergerakan tanah paling tinggi kedua di Indonesia setelah Kabupaten Garut,“ ujar ketua Pembina Forum Relawan Bencana Tasikmalaya, Iwan Saputra, kemarin.

Suku Bunga Pinjaman LPDB-KUMKM Tidak Terpengaruh BI Rate

Kamis, 04 Desember 2014

Kendala permodalan bagi UMKM, diharapkan Kemas, dapat teratasi dengan adanya LPDB. Jika masalah klasik tersebut bisa diatasi maka, kualitas barang yang dihasilkan UMKM juga akan semakin baik, dan inovasi juga akan ada. Hukum ini berlaku dimanapun.
SEBANYAK 608.867 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan LPDB tidak perlu khawatir karena beban bunga pinjaman. Meskipun Bank Indonesia (BI) menaikan suku bunga acuan alias BI rate dari 7,5 persen menjadi 7,75 persen, bunga kredit pinjaman yang disalurkan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tetap.

Belanja Modal Saratoga di 2015 Rp1,8 Triliun

"Tiga sektor itu, yakni konsumsi, infrastruktur, dan SDM sejalan dengan strategi pertumbuhan yang dijalankan pemerintah."
PT Saratoga Investama Sedaya Tbk menyiapkan capital expenditur (capex) atau belanja modal di tahun depan senilai maksimal US$150 juta atau setara Rp1,8 triliun. Dana segar itu akan digunakan untuk investasi infrastruktur produksi.

Founder Saratoga Investama Sedaya Sandiaga Uno mengatakan hal tersebut. Ia memperinci dana investasi itu akan digunakan untuk tiga lini bisnis perseroan, yaitu konsumer, infrastruktur, dan sumber daya alam (SDA).

RI Ajak Taiwan Investasi Infrastruktur

Rabu, 03 Desember 2014

Dua kekurangan Indonesia di mata pengusaha Taiwan: infrastruktur dan birokrasi perizinan. Gebrakan Presiden Joko Widodo yang menjanjikan kemudahan berinvestasi di Indonesia me narik minat pengusaha Taiwan.Untuk merespons hal tersebut, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei kian intensif menemui para investor Taiwan.

Menurut Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei Arief Fadillah, saat ini ada dua perusahaan akan membuka pabrik pengolahan karet di Indonesia. Ketertarikan dua perusahaan itu berdasarkan ketersediaan karet di Indonesia, selain juga karena potensinya pasarnya yang besar.

Sembako Murah Dilepas ke Pasar

Kementrian Perdagangan menyebarkan paket kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau masyarakat. Paket itu bisa didapat di tujuh lokasi di DKI Jakarta.Salah satunya di lingkungan Kantor Kemendag.
“Pelaksanaan pasar murah di Kemendag merupakan pembuka rangkaian pasar murah di tujuh lokasi di wilayah DKI Jakarta,“ ujar Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di sela-sela acara pasar murah di Jakarta, kemarin.

Inspirasi dari Alam

Selasa, 02 Desember 2014

GEMERICIK air sungai hingga kicauan burung di pagi hari, suara-suara alam itu menjadi jeda yang istimewa buat kaum urban. Beraktivitas di alam terbuka, menghirup udara segar, atau melakukan aktivitas di luar rutinitas kerja bersama tim pun dianggap menjadi salah satu solusi agar lebih bahagia, kompak, dan kembali ke kantor penuh semangat.
Caldera, salah satu penyedia jasa adventure, menjadikan aktivitas fisik untuk membangkitkan motivasi dan kinerja di alam itu sebagai experiential learning.

Libatkan Pemain Lokal Dorong Ekonomi Nasional

Perlu diingat bahwa bisnis hulu migas merupakan bisnis yang semua pengeluarannya akan digantikan oleh negara bila kegiatan kegiatan itu menghasilkan migas yang komersial. PERAN sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) dalam perekenomian kini mengalami pergeseran.

Tidak hanya sebagai sumber utama devisa, tetapi juga menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Maka dari itu, konsolidasi kapasitas nasional dalam mendukung operasi di industri hulu migas harus segera dilakukan.

POLDA METRO JAYA Pemotor Dominasi Pelanggaran

Senin, 01 Desember 2014

Yang menjadi sasaran penindakan operasi ini ialah kendaraan yang menaikkan atau menurunkan penumpang tidak pada tempatnya dan kendaraan yang melawan arus.
SEBANYAK 3. 930 pengendara ditilang polisi pada pelaksanaan hari pertama Operasi Zebra Jaya 2014 yang digelar Polda Metro Jaya, kemarin.

Kepala Bagian Pembinaan dan Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKB Budiyanto mengatakan selain tilang, pihaknya juga memberi teguran lisan terhadap 1. 485 pelanggar. Adapun barang bukti yang disita antara lain 1. 532 SIM, 2. 349 STNK, 48 sepeda motor, dan 1 mobil.

Pemerintah Pusat dan Daerah Wajib Berhemat

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan pemerintah pusat dan daerah mesti melakukan penghematan anggaran yang dapat disisihkan untuk alokasi anggaran pembangunan infrastruktur yang bermanfaat. “Harus melakukan penghematan,“ kata Presiden di Kota Bengkulu, kemarin.

Menurut Jokowi, dirinya telah menyampaikan hal tersebut dalam sejumlah kesempatan seperti saat memberikan arahan kepada para gubernur. “Intinya (penghematan itu) didorong untuk ke anggaran pembangunan,“ ujarnya.