Google Adsense

Kekuasaan Kerajaan Pagaruyung Membentang Di Sumatra

Selasa, 07 April 2020

Demikian pernyataan tambo atau legenda adat berbahasa Minang yang menggambarkan wilayah kekuasaan Kerajaan Pagaruyung. Sikilang Aia Bangih merupakan batas utara kerajaan. Sekarang itu berada di kawasan Pasaman Barat, Jambi.

Sedangkan Sialang Balantak Basi merupakan daerah Rantau Barangin, Kabupaten Kampar. Sekarang ini masuk ke Provinsi Riau. Di wilayah kekuasaan Pagaruyung inilah lokasi perkembangan kebudayaan Minangkabau.


Jika dirinci, kekuasaan Kerajaan Pagaruyung meliputi daerah di sekitar Gunung Singgalang, sekitar Gunung Talang dan Gunung Kerinci, kawasan Pariangan Padang Panjang, Pesisir Selatan, hingga Muko-Muko, Jambi Barat.

Perbatasan Jambi, sekitar Indragiri Hulu hingga Gunung Sahilan, daerah di sekitar Gunung Sailan dan Singingi, pesisir timur dan Kabupaten Pelalawan. Kawasan sekitar Danau Singkarak dan Batang Ombilin, Batang Sikilang Pasaman Barat.

Sebelah Timur Sungai Beremas, kawasan Rao dan Mapek Tunggua, perbatasan Tapanuli Selatan, pantai Barat Sumatera, sekitar Silauik dan Lunang, Tanjung Simalidu serta hilir Sungai Batang Hari.
Sumber Media Cetak : Republika, 3 November 2013, Halaman 16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Lainnya