Google Adsense

Kegiatan Ormas dan Instansi Pemerintahan di Indragiri Hilir Dalam Pencegahan Covid-19

Jumat, 10 April 2020

Pendatang ke Inhil Wajib Isi Kartu Kuning, Ternyata Ini Gunanya
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mewajibkan orang yang datang ke wilayah Inhil dan berasal dari daerah Pendemi virus covid-19 untuk mengisi kartu kuning.

Kepala KKP Inhil, Jufrihadi mengatakan Kartu Kuning berfungsi sebagai kewaspadaan kesehatan bagi ODP.

” Kartu Kuning itu fungsinya untuk kewaspadaan kesehatan, diberikan kepada pelaku perjalanan yang datang dari negara atau wilayah yang terjangkit atau terkonfirmasi pendemi covid-19,” ujarnya.

Kartu Kuning diungkapkan Jufrihadi berisi identitas perjalanan bagi si ODP.

” Mereka harus mengisi identitas dan riwayat perjalanannya dalam 14 hari terakhir, kemana saja, dan alamat rumah, nomor handphone, serta alamat yang dituju di Kabupaten Inhil,” jelasnya.

Selain itu Kartu Kuning juga berfungsi sebagai perantara jika ODP mengalami gejala-gejala kesehatan untuk diperiksa.

” Kartu Kuning juga berfungsi, jika ODP mengalami gejala-gejala kesehatan seperti yang tertera pada kartu tersebut, dianjurkan untuk datang dan berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, agar dapat ditindaklanjuti dengan segera,” pungkas Jufrihadi.

Sumber : http://riaucrime.com/2020/04/pendatang-ke-inhil-wajib-isi-kartu-kuning-ternyata-ini-gunanya/



Muslimat NU Buat dan Bagikan Masker ke Masyarakat
Pendemi Covid-19 masih menjadi momok bagi Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Salah satu akibat dari wabah ini ialah kelangkaan masker. Sementara masker merupakan salah satu hal terpenting bagi proteksi diri dalam menghindari terjangkitnya virus mematikan ini.

Mengantisipasi hal itu, pemerintah menganjurkan agar masyarakat awam menggunakan masker kain yang bisa digunakan kembali setelah dicuci. Sedangkan masker kesehatan dan N95 diprioritaskan untuk tenaga medis.

Karena banyaknya masyarakat Inhil yang masih belum menggunakan masker, Muslimat NU Kabupaten Inhil berinisiatif membuat masker kain dan membagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dipimpin langsung oleh Ketua PC Muslimat NU Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, pengurus membagikan masker di Kelurahan Pekan Arba, Kelurahan Sungai Beringin, Kelurahan Tembilahan Hilir, dan Kelurahan Tembilahan Hulu, Jumat (10/4/2020).

” Melalui Camat dan Lurah, dilakukan pendataan masyarakat yang tidak mampu di 4 Kelurahan tersebut sehingga pembagian masker tepat sasaran,” ujar Zulaikha.

Ia mengingatkan bahwa masker tersebut dapat dipakai maksimal selama 4-6 jam, kemudian harus dicuci sehingga bisa digunakan kembali.

Di kesempatan itu pula Zulaikhah menjelaskan tentang bahaya virus corona, serta mengimbau agar masyarakat tetap di rumah jika tidak ada kepentingan.
Sumber : http://riaucrime.com/2020/04/langka-di-inhil-muslimat-nu-buat-dan-bagikan-masker-ke-masyarakat/



H Syamsudin Uti Motivasi Tenaga Medis di Kritang Hulu dan Kemuning Inhil
Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Inhil, H Syamsuddin Uti turun langsung memberikan samangat kepada tenaga medis yang bertugas di lapangan dalam rangka penanganan penyebaran Virus Corona di wilayah Inhil, Kamis (9/4/2020) siang.

Saat mengunjungi langsung UPT Puskesmas Keritang Hulu Kecamatan Kemuning, Wakil Bupati Inhil itu sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga medis yang ada di UPT Puskesmas Keritang Hulu atas pengabdian yang diberikan ini.

Baca juga :

” Dalam melawan Covid-19 ini kita harus tetap semangat dan selalu siaga. Untuk itu, terimakasih kepada semua tenaga medis yang ada di UPT Puskesmas Keritang Hulu yang telah berjuang dan mengabdi dalam melayani kesehatan masyarakat,” kata H Syamsuddin Uti.

Tidak hanya itu, diharapkan kepada seluruh petugas untuk selalu memberikan pengertian dan juga mengawasi tamu-tamu yang datang agar memeriksakan diri. Khususnya tamu-tamu yang datang dari zona merah penyebaran Covid-19.

” Kepada petugas jangan takut untuk melayani dan memberikan penjelasan kepada warga ataupun tamu-tamu yang datang yang akan memasuki wilayah Inhil untuk memeriksakan kesehatan mereka, sehingga kita bisa mendeteksi lebih dini apabila ada gejala-gejala Covid-19,” tambahnya.

Terakhir beliau juga mengharapkan peran serta semua pihak khususnya masyarakat Kecamatan Kemuning dalam memberantas penyebaran virus Corona yang sudah menjadi pendemi di seluruh Dunia.


Sumber : http://riaucrime.com/2020/04/h-syamsudin-uti-motivasi-tenaga-medis-di-kritang-hulu-dan-kemuning-inhil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Lainnya