Google Adsense

Pemerintah Provinsi Papua Status Tanggap Darurat Karena Covid-19

Sabtu, 11 April 2020

Pasien Corona Naik Tajam, Pemprov Papua Tingkatkan Status Jadi Tanggap Darurat

Pemerintah Provinsi Papua akhirnya meningkatkan status siaga darurat menjadi tanggap darurat, setelah jumlah pasien positif Covid-19 di Bumi Cenderawasih terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Keputusan ini sebagaimana hasil rapat Wakil Gubernur Papua bersama bersama Forkompinda Papua di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura, Rabu (8/4/2020).

“Dari hasil review sejak penetapan siaga darurat ternyata kondisi objektif kita di Papua sampai hari ini tren penyebaran Corona meningkat tajam. Makanya kita tetapkan status tanggap darurat selama 28 hari atau dua kali masa inkubasi terhitung mulai 9 April 2020 s/d 6 Mei 2020,” terang dia.

Menurut dia, dengan peningkatan status ini masyarakat diminta lebih peduli dengan kesehatan diri sendiri maupun keluarganya. Diantaranya dengan melakukan imbauan pemerintah, seperti tetap berada di rumah dan selalu menjaga jarak.

“Sebab penyebaran virus ini tidak main-main. Coba dibayangkan peningkatan dari sebelumnya hanya 2 orang positif setelah status siaga darurat ditetapkan kini sekarang sudah menjadi 41 pasien positif. Itu sama dengan 1500 persen peningkatannya”

“Makanya masyarakat agar wajib berhati-hati dan mulai memikirkan kesehatannya. Sebab kuncinya ada di masyarakat. Dan diharapkan masyarakat tetap mematuhi aturan yang disampaikan oleh pemerintah,” tukas ia.

Wagub pada kesempatan itu meminta seluruh tempat usaha yang menjual tiket pesawat maupun kapal laut agar segera dihentikan. Sebab pembatasan pelabuhan dan bandara serta masa Work From Home (WFM) diperpanjang,

“Artinya sampai 14 hari kedepan untuk penerbangan apapun, kapal laut atau pelayaran apapun tidak boleh membawa penumpang kecuali bahan makanan atau alat kesehatan”.

“Itu sudah kita sepakati dalam pertemuan sehingga yang melanggar akan disanksi,” tutupnya.

Sumber : https://www.papua.go.id/view-detail-berita-7198/pasien-corona-naik-tajam-pemprov-papua-tingkatkan-status-jadi-tanggap-darurat.html




Pasien Positif Corona Papua Meningkat Jadi 45 Orang
Bila sehari lalu jumlah pasien positif Covid-19 di Papua sebanyak 31 kasus, hingga Rabu (8/4/2020) malam, angkanya kini melonjak menjadi 45 orang.

Sungguh sebuah peningkatan yang sangat fantastis dan tak bisa dipandang sebelah mata, sebab dikhawatirkan angka itu akan terus bertambah dan tak memperlihatkan sinyal penurunan.

Menyikapi hal itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule menilai social distancing maupun phisical distancing di Bumi Cenderawasih belum dijalankan secara baik oleh masyarakat.

Artinya imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Corona belum dijalankan secara baik dan maksimal oleh masyarakat. Masyarakat seperti belum sadar dan ogah-ogahan.

“Hingga pada akhirnya jumlah pasien positif hingga hari ini bertambah 14 kasus. Total menjadi 45 dengan rincian 35 dalam perawatan, 5 sembuh dan 5 orang meninggal,” terang dia, dalam keterangan pers yang disampaikan secara live streaming.

Penambahan kasus terbanyak untuk hari ini terjadi di Kota Jayapura dengan 6 kasus. Menyusul Kabupaten Jayapura dan Mimika yang sama-sama bertambah 4 kasus.

Selain itu, Satgas Covid-19 Papua memastikan seorang pasien positif di Kabupaten Mimika pada hari ini meninggal dunia.

Dengan demikian, kasus itu menjadi kematian ketiga yang terjadi di Mimika, sementara 2 kasus lainnya di Kota Jayapura.

“Makanya dengan peningkatan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat oleh Pemprov Papua, saya harap aparat bisa langsung mengambil tindakan bila masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan ketentuan yang dibuat pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus corona”.

“Paling tidak ada sanksi hukum yang bisa diberikan, supaya penyebaran virus mematikan ini bisa benar-benar kita minimalisir,” pungkasnya.

Sumber : https://www.papua.go.id/view-detail-berita-7199/pasien-positif-corona-papua-meningkat-jadi-45-orang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Lainnya