Google Adsense

Apresiasi bagi Perusahaan Korea Pelaksana CSR Terbaik

Jumat, 09 Januari 2015

Korea merupakan salah satu mitra dagang sekaligus salah satu investor penting bagi Indonesia.
LIMA perusahaan Korea meraih penghargaan sebagai Perusahaan Pelaksana Corporate Social Responsibility (CSR) Terbaik dalam ajang CSR Excellence Award dan Forum CSR Korea-Indonesia 2014, di Hotel Shangri-La, Jakarta, beberapa waktu lalu. Sebanyak 150 tamu undangan hadir dalam acara tersebut.

Ajang itu terselenggara berkat kerja sama antara Kedutaan Besar Korea, Korea TradeInvestment Promotion Agency (Kotra), Korean International Cooperation Agency (Koica), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan sejumlah instansi lainnya.
Forum CSR Korea-Indonesia digelar secara rutin sejak 2012. Lewat ajang itu, perusahaan asal Korea lainnya diharapkan termotivasi untuk turut menggelar program-program CSR yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh warga di sekitar lokasi operasi perusahaan.

Adapun kelima pemenang tahun ini, yakni PT Samsung Electronics Indonesia, PT LG Electronics Indonesia, PT Samick Indonesia, PT Dada Indonesia dan Hankook Ceramic Indonesia.

Samsung memperoleh penghargaan dari Kementerian Perdagangan dan Perindustrian, LG mendapat penghargaan dari Ketua BKPM, dan Hankook mendapat penghargaan dari KOTRA. Sementara, Samick dan Dada memperoleh penghargaan dari Duta Besar Korea untuk Indonesia.
Pemenang dipilih berdasarkan evaluasi kualitatif dan kuantitatif. Sebanyak 70 persen nilai para pemenang didapat dari evaluasi kuantitatif, sedangkan sisanya diperoleh dari evaluasi kualitatif.

Untuk evaluasi kuantitatif, penilaian dilakukan oleh perusahaan konsultan spesialis CSR dari Korea. Kriteria yang dinilai di antaranya kesehatan perusahaan, dana yang dialokasikan untuk CSR, transparansi dalam pengelolaan, tingkat kepedulian perusahaan terhadap HAM, kesejahteraan tenaga kerja, perlindungan konsumen, dan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

Adapun evaluasi kualitatif dilakukan oleh dewan juri gabungan, yakni dari Korea dan Indonesia. Komite penilaian Indonesia terdiri dari 6 komite, yakni 3 komite dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) dan 3 komite dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM).4 Wajah baru Khusus tahun ini, Samsung Electronics menjadi satu-satunya perusahaan yang kembali meraih penghargaan. Adapun keempat perusahaan lainnya merupakan wajah baru dalam ajang penghargaan tahunan itu.

Korea merupakan salah satu mitra dagang sekaligus salah satu investor penting bagi Indonesia. Hingga kini, tercatat sekitar 2.200 perusahaan Korea telah berinvestasi dan beroperasi di Indonesia.Pada 2013, jumlah investasi yang masuk sebesar US$2 miliar.
CSR Excellence Award dan Forum CSR Korea-Indonesia 2014 diharapkan dapat memperdalam kerja sama yang terjalin antara kedua negara di semua tingkatan.Dukung OVOP Selain pemberian penghargaan, ajang Excelence CSR Awards dan Forum CSR KoreaIndonesia juga diisi pemaparan sejumlah materi terkait CSR. Koica misalnya memaparkan presentasi bertajuk `Program CSR Global' sedangkan Kotra mempresentasikan materi bertajuk `Pelaksanaan dan Kondisi Bisnis one village one product (OVOP).' OVOP merupakan salah satu agenda penting dalam pertemuan tingkat tinggi Kotra pada 2013 lalu. Ke depan, program OVOP dari perusahaan Korea akan diarahkan guna menyasar 100 desa terpencil di Indonesia.

Sebagai program unggulan dari Kemekop dan UKM, OVOP mendapat sokongan penuh dari Kotra sebagai salah satu bentuk penyaluran CSR investor Korea. Deputi Bidang Produksi Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta sangat mengapresiasi langkah Kotra.

“Saya berharap forum-forum ini betul bermanfaat bagi UKM untuk meningkatkan kualitas dari produk unggulan daerah,“ ujar I Wayan Dipta kala ditemui di Jakarta, Selasa (16/12).

Melalui binaan Kotra, Wayan mencontohkan program OVOP telah berhasil meningkatkan produksi bawang goreng di Palu, Sulteng; lidah buaya di Kalbar; dan carica di Wonosobo, Jateng. Selanjutnya, 500 produk akan didukung Kotra hingga 2020 mendatang.

Direktur Wilayah III BKPM Wisnu Wijaya Soedibjo menambahkan, animo pengusaha Korea belakangan ini semakin baik dalam berinvestasi di Indonesia. Pihaknya pun berharap dapat memberikan pelayanan terbaik. “Perusahaan-perusahaan Korea sangat mampu dan berdedikasi memberikan tanggung jawab sosialnya,“ puji dia. Direktur Jenderal Kotra untuk Indonesia, Song Yoo Hwang menyambut positif sambutan hangat Indonesia.

“Kami mengharapkan kolaborasi resiprokal antara investor, pemerintah, dan pasar di Indonesia. Indonesia memiliki pasar yang besar dan potensial,“ ujarnya. Kotra merupakan agensi yang mempromosikan perusahaan Korea dalam bidang perdagangan dan investasi dengan pasar di Indonesia. (Fat/S-25) Media Indonesia, 17/12/2014, halaman 7