Google Adsense

Format UN Dirilis

Jumat, 30 Januari 2015

KEPASTIAN Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan yang akan mengumumkan format ujian nasional (UN) melalui peraturan Mendikbud (permendikbud) segera diumumkan pekan ini.

“Insya Allah, Kamis (22/1) pekan ini, saya dapat kabar akan diumumkan resmi terkait format UN,'' ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud Nizam kepada Media Indonesia, di Jakarta, kemarin.

Nizam tidak menjelaskan secara detail apa saja yang akan disampaikan nantinya oleh Mendikbud.Ia hanya memberi bocoran akan ada revisi terkait penggunaan hasil UN.

“Namun, karena belum keluar peraturannya, saya belum bisa memberikan informasi. Kalau sudah matang, pasti akan ada keterangan pers dari Mendikbud. Jadi, kita tunggu saja dari beliau informasi lengkapnya nanti,'' cetus Nizam.

Terkait dengan persiapan UN, Guru Besar UGM itu mengungkapkan persiapan tetap berjalan secara optimal sesuai dengan jadwal yang sudah disusun. Termasuk pelelangan per cetakan soal UN telah dibuka seminggu lalu.

“Sudah banyak yang mendaftar. Lelang kami lakukan terbuka dengan panitia pelelangan dari seluruh provinsi. Agar tidak telat, kami sudah tetapkan jadwalnya secara ketat dengan tenggat yang cukup aman,'' tutur dia.

Adapun untuk persiapan peserta didik, menurut Nizam, yang utama ialah belajar sesuai dengan standar kompetensi. “Kalau standar kompetensi tuntas, Insya Allah tak akan kesulitan mengikuti UN,'' pungkasnya.

Pekan lalu, Mendikbud Anies menjanjikan pada waktunya mengumumkan secara lengkap tentang format UN atau istilah lain tentang UN. Saat ini, ia baru menyatakan keputusan bahwa hasil kelulusan UN 100% akan ditentukan sekolah masingmasing. Ia pun berharap ada kejujuran dari sekolah dalam menilai hasil UN.(Bay/H-2) Media Indonesia, 21 Januari 2015, Halaman 13