Google Adsense

Inspirasi dari Alam

Selasa, 02 Desember 2014

GEMERICIK air sungai hingga kicauan burung di pagi hari, suara-suara alam itu menjadi jeda yang istimewa buat kaum urban. Beraktivitas di alam terbuka, menghirup udara segar, atau melakukan aktivitas di luar rutinitas kerja bersama tim pun dianggap menjadi salah satu solusi agar lebih bahagia, kompak, dan kembali ke kantor penuh semangat.
Caldera, salah satu penyedia jasa adventure, menjadikan aktivitas fisik untuk membangkitkan motivasi dan kinerja di alam itu sebagai experiential learning.

“Setiap perusahaan selalu memiliki persoalan dengan karyawannya. Minimnya kerja sama tim kerja, tidak adanya sinergi antardepartemen, dan komunikasi yang buruk antardepartemen dapat membuat perusahaan lamban berkembang. Caldera hadir sebagai solusi untuk menjembatani karyawan dan perusahaan, lewat aktivitas berpetualangan dengan suasana menyenangkan di alam bebas,“ ujar Manager Marketing Caldera Lintas Indonesia Arry WS di kantornya, di Jalan Bojonegoro No 16, Menteng, Jakata Pusat, pertengahan pekan ini.

Caldera dengan motonya Adventure with Care, kata Arry, mewujudkan experiential learning dengan berbagai konsep pelatihan yang menyenangkan, di dalam maupun luar ruangan. Metode itu digunakan untuk mengidentifikasi sekaligus mencari solusi atas permasalahan sehari-hari yang terjadi di perusahaan.

Proses belajar akan berjalan efektif apabila peserta turut berpartisipasi penuh. Suasana hati pun harus ceria sehingga menghadirkan energi positif kepada peserta lainnya.

“Kami biasanya menanyakan keluhan-keluhan yang dihadapi karyawan juga dari sisi perusahaannya. Dari sinilah, kami menganalisa dan menentukan program yang tepat untuk disuguhkan kepada perusahaan,“ jelas Arry. Program unggulan Caldera percara bahwa setiap perusahaan memiliki karakteristik yang berbeda-besa. Untuk itulah dibutuhkan rancangan program yang unik.

Caldera merancang program sesuai dengan kebutuhan, dengan kisaran waktu satu hingga lima hari. Tujuh program Ada tujuh program unggulan Caldera, meliputi Recharge Program (corporate outing), Outdoor Based Management Training (family camp, rafting, trecking, dan paintball), High Rope Course & Flying Fox, Expeditions (dalam dan luar negeri), Journeys (dalam dan luar negeri), dan School Program (dalam dan luar negeri).

“Kami juga punya outing plus, pelatihan bagi perusahaan untuk karyawannya, yang benar-benar disesuaikan kebutuhan (eksklusif). Kami juga memiliki lokasi outing yang asri sehingga bisa menjadi destinasi bagi perusahaan demi meningkatkan hubungan interpersonal di perusahaan pengguna jasa kami,“ jelas Arry.

Program Outdoor Based Management Training merupakan pelatihan manajemen berbasis alam terbuka. Di sini, Caldera memberikan pelatihan bagi perusahaan/karyawan untuk mencapai performa tinggi. “Sebagai fasilitator, kami akan menyajikan kiat-kiat untuk membangun hubungan interpersonal yang kuat. Banyak perusahaan yang kami layani dan dampaknya sangat menakjubkan,“ sambungnya.

Lalu, program lainnya, yaitu Journeys, yaitu sebuah paket perjalanan dengan konsep backpacker, berbiaya rendah, dan bisa mengeksplorasi banyak tempat. Di sini, Caldera mengutamakan kebebasan (freedom) kepada traveler sehingga bisa mengekplorasi alam dan budaya suatu negara, baik kuliner maupun karya seni.

Di sini, peserta bisa lebih fun karena jadwal pun fleksibel demi kepuasan waktu liburan. Sementara itu, program Expedition, paket yang dibuat bagi para pecinta petualangan.

Di samping program utama tersebut, ada juga program Rafting yang berlokasi di Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi itu cukup bagus untuk memberikan pengalaman bagi para penikmat petualangan.

Begitu pula dengan program Paintball, permainan simulasi peran. Peserta akan menggunakan senjata berpeluru bola berwarna. Di sinilah kerja sama tim dan strategi diasa demi pencapaian kinerja yang efisien dan efektif.

“Kami juga punya program sekolah. Program ini mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan di alam terbuka. Sekolah ini merupakan program custom made adventure sehingga menjadi pilihan tepat bagi instansi pendidikan,“ papar Arry. Lokasi Caldera Semua kegiatan di alam terbuka yang Caldera tangani berlokasi di Sungai Citarik, Sukabumi. Caldera juga ikut menyediakan akomodasi, transportasi, dan restorasi selama peserta mengikuti program-program tersebut.

Fasilitas-fasilitas yang tesedia di sana, yaitu saung (rumah tradisional), pendopo, arena parkir, tenda dome, saung serbaguna untuk rapat. “Bagi perusahaan yang tidak memiliki waktu untuk ke Citarik, jangan takut karena kami juga menyediakan arena bermain di kawasan Cibubur (Bumi Perkemahan Cibubur),“ pungkas Arry.

Caldera hadir sejak 2005. Hingga kini, sudah ratusan perusahaan yang menggunakan jasa dan layanan mereka. Caldera tetap berkomitmen dalam memberikan solusi terbaik sehingga bisa membantu dan merealisasikan keinginan perusahaan agar berdampak pada kinerja karyawan yang lebih produktif. (Iwa/M-1) Media Indonesia, 27/11/2014, halaman 35