Google Adsense

Memproteksi sekaligus Menabung

Rabu, 17 Desember 2014

Asuransi tabungan (endowment) memberikan kepastian nilai dana kepada nasabahnya. Perencanaan keuangan ada baiknya dilakukan sejak usia produktif untuk mengurangi risiko keuangan yang datang tiba-tiba. Sebut saja kehilangan pekerjaan, sakit yang membutuhkan biaya besar, kehilangan harta benda, dan kematian.

CEO of PT Cerdas Keuangan Indonesia M Andoko mengatakan perencanaan keuangan bisa dimulai dengan mengatur pengeluaran dan pendapatan (cash flow management) setiap bulannya. Kemudian, kata dia, asuransi jiwa merupakan pilihan yang tepat untuk berinvestasi jangka menengah dan panjang.

“Di saat usia produktif, kita harus mampu mengembangkan aset yang kita miliki melalui asuransi karena usia di atas 55 sudah merupakan waktu untuk berkonsumsi,“ ujar Andoko saat peluncuran CIMB Sun Life di Jakarta, pe kan lalu.
Setelah melihat saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang berkembang di Indone sia, Andoko menyarankan untuk teliti sebelum memilih perusahaan yang akan dituju dan jenis produk asuransinya.

Bagi masyarakat kelas menengah ke atas, An doko menyarankan untuk berinvestasi di asu ransi tabungan (endowment).Menurutnya, asuransi jenis itu memberikan kepastian nilai dana kepada nasabahnya.

Untuk menjawab kebutuhan asuransi yang memberikan kepastian kepada nasabah, PT CIMB Sun Life meluncurkan produk asuransi X-Tra Secure yang merupakan produk asuransi jiwa dengan unsur tabungan di dalamnya (endowment).

Presiden Direktur CIMB Sun Life Vivien Kusumowardhani mengatakan asuransi X-Tra Secure merupakan produk inovasi dari CIMB Sun Life dalam melengkapi kebutuhan nasabah meskipun penetrasi dari asuransi jiwa di Indonesia masih rendah.
“Penetrasi dari asuransi jiwa masih di bawah 4 persen, padahal jumlah kelas menengah di Indonesia merupakan yang terbesar di ASEAN,“ ucap Vivien.

Asuransi X-Tra Secure itu merupakan produk asuransi tradisional yang memberikan jaminan tunai dan perlindungan jiwa, kecelakaan, rawat inap, dan penyakit kritis dengan satu kali pembayaran premi. Minimum pembayaran premi ialah Rp250 juta dan memiliki masa akumulasi premi 10-20 tahun. (Jes/E-3) Media Indonesia, 08/12/2014, halaman 18