Google Adsense

Loyalitas tidak Kenal Batas

Jumat, 12 Desember 2014

Jarak ribuan kilometer dari Ternate, Maluku Utara, hingga Bali rupanya bukan jarak yang panjang buat Adi Heriyadi. Lelaki yang membuka usaha bengkel motor di Ternate itu bahkan tak terlihat letih ketika berbincang dengan wartawan di sela-sela gelaran Honda Bikers Day 2014 di Pantai Pandawa, Bali, Sabtu (29/11).

Padahal, ia bersama empat rekannya baru saja menempuh perjalanan kurang lebih 3.400 kilometer dengan menggunakan sepeda motor. Adi yang mengendarai skutik Honda Beat mengaku menghabiskan waktu sekitar setengah bulan untuk sampai ke Bali dengan santai.

“Saya sudah biasa jalan-jalan antarpulau dan daerah. Ini juga merupakan Honda Bikers Day yang ketiga yang saya ikuti,“ tutur Adi. Loyalitas terkadang memang tak mengenal batas. Adi dan kawan-kawan sejatinya merupakan contoh kecil dari `kegilaan' anggota komunitas dan klub sepeda motor Honda dari berbagai daerah untuk berkumpul mengikuti kegiatan tahunan yang diinisiasi PT Astra Honda Motor (AHM) itu.

Itu bisa disimak dari data ribuan peserta yang sebagian berasal dari daerah yang tak bisa dibilang dekat dengan Bali. Selain Maluku dan tuan rumah Bali, hadir pula klub Honda dari region Sumatra, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, dan Sulawesi.

“Kami sebenarnya menargetkan 10 ribu biker, tapi hingga sore hari ini jumlahnya sudah mencapai 12 ribu biker,“ papar Mideaz Saputra, ketua panitia HBD 2014 dari Paguyuban Honda Community Bali, saat konferensi pers HBD 2014.

Menurutnya, sebagian biker ada yang sudah mengaspal sejak Senin (24/11) untuk sampai ke Bali. Bahkan, seperti rombongan Adi dari Ternate atau yang dari Medan, Su matra Utara, mereka sudah berangkat sejak pertengahan November.

“Komunitas merupakan representasi konsumen loyal kami. Loyalitas seperti inilah yang ingin kita jaga dan kita apresiasi dengan menggelar Honda Bikers Day seba gai acara penutup tahunan Honda,“ ungkap GM Honda Customer Care Center Division AHM Istiyani Susriyati.

Isti menambahkan ini kali pertama HBD diselenggarakan di luar Pulau Jawa. HBD pertama diselenggarakan di Pangandaran, Jawa Barat, pada 2009, kemudian Jatinangor, Jawa Barat, 2010, Pegunungan Bromo, Jawa Timur, 2011, Candi Prambanan, Jawa Tengah, 2012, dan Tanjung Tum, Banten, 2013.

“Pemilihan lokasi di sini, selain karena tempatnya representatif, sekaligus untuk membantu promosi wisata Pantai Pandawa yang keindahannya belum banyak terekspos ke luar daerah,“ tutur Isti.

Kegiatan biker di Pantai Pandawa juga semakin bermakna dengan aktivitas peduli lingkungan berupa pelestarian terumbu karang. Selain itu, dilakukan pula kegiatan budaya dengan menggelar Tari Kecak massal oleh penari asli Bali bersama ribuan biker Honda yang hadir.Kurikulum Honda Sehari sebelumnya, sebagai rangkaian kegiatan corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan, AHM meresmikan laboratorium otomotif di SMK Negeri 1 Manggis, Karangasem, Bali.

“Laboratorium itu dibangun sebagai sarana praktik dari kurikulum teknik sepeda motor (KTSM) Honda yang sudah diimplementasikan SMKN 1 Manggis,“ ujar Deputi Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin di Karangasem, Jumat (28/11).

Dalam kesempatan itu, AHM juga menyerahkan donasi satu unit motor CBR150 dan peralatan khusus untuk mendukung siswa dalam mempraktikkan ilmunya.

Senior Manager Technical Training Dept AHM Handy Hariko menambahkan kegiatan CSR pendidikan itu sejatinya bukan sekadar menggelar kerja sama lalu selesai. “Yang terpenting ialah bagaimana mengantarkan para siswa dapat menjadi lulusan yang mandiri. Sekolah ini dan Astra akan berdosa kalau masih menghasilkan lulusan yang tidak punya keterampilan,“ tutupnya.(Pun/S-6) Media Indonesia, 04/12/2014, halaman 23