Google Adsense

DKI JAKARTA Bahu-membahu Sukseskan Syukuran Rakyat

Selasa, 21 Oktober 2014

SEBANYAK 40 ribu orang diperkirakan menghadiri acara puncak Syukuran Rakyat atas pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Untuk mengantisipasi kepadatan dan kemungkinan buruk yang terjadi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta menerjunkan 170 petugas kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Hemawati, pihaknya menurunkan 37 ambulans untuk mengevakuasi hadirin yang mendadak sakit. Selain itu, mereka mendirikan dua rumah sakit lapangan yang akan dibangun di kawasan Monas.

Pihaknya juga melaksanakan cek kelayakan kondisi makanan. “Kita juga akan adakan pengecekan makanan. Jadi pengalaman kami ada yang masak makanannya dari pagi, begitu malam sudah tidak bagus, sudah asam atau berbau tapi masih dijual,“ ujar Dien. Selain urusan kesehatan, tim relawan yang tergabung dalam Gerakan Rakyat 20 Oktober (Geruduk) akan menurunkan 500 personel untuk menangani keamanan. Koordinator Geruduk Dewi Kencana juga telah mengimbau seluruh anggota relawan untuk membawa kantong plastik yang menjadi tempat sampah sementara.

Itu dilakukan untuk menjaga kebersihan di luar dari plastik sampah besar yang disebar di ratusan lokasi. “Ada tim keamanan yang bertugas menjaga sekaligus mengingatkan juga massa supaya tidak menginjak taman. Tentunya kita ingin massa berjalan dengan tertib dan tidak merusak taman. Soal sampah, kita sediakan plastik yang besarbesar. Anggota juga kita wajibkan bawa kantong plastik.Jadi nanti jumlahnya ribuan,“ kata Dewi.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Monumen Nasional Rini Hariyani memastikan kepada pihak panitia penyeleng gara konser musik di Monas harus menjaga keasrian dan kebersihan kawasan itu. Ia secara tegas memberi izin acara itu dengan catatan bahwa keadaan Monas sesudah acara sama seperti harihari sebelum acara digelar.“Mereka kan harus izin ke kita.Kita bilang kepada mereka agar menjaga kawasan Monas.Sebelumnya seperti itu dan setelahnya juga harus begitu.Kalau ada yang rusak, mereka harus perbaiki,“ kata Rini.

Menurut pantauan Media Indonesia, panggung konser musik telah berdiri, tetapi kelengkapannya seperti atap panggung, tata lampu, dan sebagian panggung belum selesai dikerjakan. Ketua tim keamanan dari event organizer yang ditunjuk jadi pelaksana, Exetra Irfan, mengatakan panggung ditargetkan selesai pukul 20.00 WIB. Pemasangan kelengkapan panggung terkendala oleh pengunjung Monas yang kerap berlalu lalang di sekitar panggung dan cuaca yang sangat panas. “Ini baru 50%. Besok pagi pukul 09.00 artis cek sound dan pukul 16.00 mulai performance,“ ujar Irfan.

Dari Depok, 3.000 relawan Jokowi-JK berencana mengawal acara pelantikan dengan titik pemberangkatan Universitas Indonesia. (KG/ Put/Nel/J-4) Sumber : Media Indonesia, 20/10/2014, Halaman : 32