Google Adsense

Guru Harus Jadi Fasilitator dan Inovator

Rabu, 22 Oktober 2014

PARA guru dalam menjalankan tugas mereka dituntut mampu mewujudkan kualitas pengajaran bermutu dan memudahkan peserta didik menguasai ataupun mempraktikkan materi ajar.

“Para guru diharapkan mampu menjadi fasilitator dan inovator bagi anak didik untuk menjadi kreatif dalam belajar,” kata Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud Achmad Jazidie saat membuka Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran (LKIIP) guru SMK (sekolah menengah kejuruan) di Jakarta, kemarin. LKIIP dijadwalkan berlangsung pada 20-22 Oktober 2014.

Menurut dia, tuntutan profesi guru mengharuskan mereka untuk selalu memperbarui diri seiring dengan percepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang tumbuh dan berkembang. Bila sebelumnya, kata dia, pekerjaan rumah (PR) diberikan kepada siswa setelah mendapat pelajaran dari guru, yang terjadi saat ini PR diberikan sebelum pelajaran diberikan.


“Yang paling penting, guru memancing siswa untuk belajar.” Para guru, kata dia, hendaknya melakukan inovasi dalam menyampaikan pelajaran kepada siswanya.Achmad menyebutkan jumlah guru yang produktif sangat sedikit.

“Saya melihat inovasi pembelajaran solusi untuk meningkatkan kualitas guru.” Oleh karena itu, Kemendikbud menggelar Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran Guru SMK 2014 yang bertujuan meningkatkan kualitas guru. Achmad menjelaskan terdapat tiga hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas guru.

“Pertama, yang kami lakukan ialah memberikan sarana dan prasarana yang lengkap seperti alat laboratorium hingga ruang praktik,” terang guru besar ITS itu.

Kemudian, Kemendikbud bekerja sama dengan Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk meningkatkan kualitas pendidik.

“Kami berikan beasiswa kepada guru yang berprestasi.” Selain itu, lomba-lomba untuk membangkitkan kemampuan inovasi guru digelar sehingga para pendidik tersebut mendapatkan metode pembelanjaran yang dipahami siswa. (Bay/Ant/H-1) Sumber : Media Indonesia, 21/10/2014, Halaman : 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Lainnya