Google Adsense

Pouly Juara Tour de Banyuwangi Ijen

Senin, 20 Oktober 2014

PEMBALAP sepeda asal Prancis yang tergabung dalam tim Singha Infinite Cycling Thailand, Peter Pouly, menjuarai lomba balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen 2014 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang berakhir kemarin. Dari empat etape yang dijalani sejak Kamis (16/10) dengan jarak tempuh 622,9 km, Pouly membukukan total waktu tercepat 16 jam, 44 menit, 43 detik. Ia lebih cepat 51 detik dari pembalap tim Pishgaman Yazd Iran, Hossein Askari (posisi kedua), dan 1 menit, 46 detik dari Amir Zargari juga dari Pishgaman (peringkat ketiga).

Di etape terakhir yang menempuh rute 140,5 km dari Kalibaru ke Kantor Pemkab Banyuwangi, Pouly yang mengenakan kaus kuning (yellow jersey) sebagai tanda pemimpin lomba tidak terlalu ngotot. Ia akhirnya hanya finis di urutan ke-44 bersama rombongan besar. Namun, catatan waktunya sama dengan juara etape akhir Mehdi Sohrabi (Tabriz Petrochemical Iran) yakni 3 jam, 10 menit, 33 detik.

Di belakang Sohrabi ada Eduard Prades Reverter (Matrix Powertag Jepang) dan Fukuda Shimpei (Aisan Racing Jepang), masing-masing di urutan ke dua dan ketiga.

Namun, hasil itu sudah cukup bagi Pouly untuk tetap bertahan di puncak klasemen akhir dan menjuarai Tour de Banyuwangi Ijen tahun ini. Dengan demikian, selama tiga edisi penyelenggaraan balapan internasional grade 2.2 kalender UCI (Persatuan Balap Sepeda Internasional) tersebut, gelar juara selalu dikuasai pembalap asing.

Pada edisi pertama 2012 gelar juara direbut Cho Ki Ho dari tim Hong Kong China. Setelah itu Mirsamad Pourseyedigolakhour (Tabriz Petrochemical) pada balapan 2013. Tidak hanya yellow jersey, Pouly juga merebut kaus polkadot sebagai raja tanjakan.

“Untuk balapan etape terakhir ini, kami hanya berusaha mempertahankan keunggulan Pouly,” kata manajer tim Singha Infi nite Thailand, Wisut Kasiyaphat, seusai balapan.

Sementara itu pada kategori tim, Tabriz Petrochemical Iran sukses mempertahankan gelar juara yang direbut tahun lalu.
Adapun pembalap Indonesia Rastra Patria Dinawan (tim Pegasus Continental) kebagian kaus hijau sebagai raja sprint, sedangkan Bambang Suryadi (tim Jatim) menjadi yang terdepan di kategori pembalap Indonesia. (KH/R-3) Sumber : Media Indonesia, 20/10/2014, Halaman : 27