Google Adsense

Rakyat Berpesta Sambut Pemimpin

Rabu, 15 Oktober 2014


Pesta rakyat ini menjadi gerakan mengawal presiden dan wapres terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla agar terus bekerja untuk rakyat. JOKOWI-JK adalah kita. Ungkapan itu telah me menangi hati rakyat untuk memilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presi den RI periode 2014-2019.

Kegaduhan politik di Senayan yang memberi kesan akan mengganjal pemerintahan baru telah mengusik berbagai elemen relawan Jokowi-JK. Untuk membuktikan rakyat memercayakan asa kepada Jokowi-JK, para relawan akan menggelar pesta rakyat pada saat pelantikan Jokowi-JK menjadi presiden dan wakil presiden di kompleks parlemen Senayan, 20 Oktober nanti.


Pesta rakyat yang diberi nama Gerakan Rakyat Dua Puluh Oktober (Geruduk) itu tidak dimaknai sebagai euforia semata. Gerakan gabungan dari seluruh relawan Jokowi itu juga menjadi gerakan semangat baru, harapan baru, dan pemimpin baru.

“Geruduk ini menjadi titik puncak untuk terus mengawal kerja pemerintahan Jokowi-JK,“ kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat ProJokowi (Projo) Budi Arie Setiadi kepada Media Indonesia, kemarin.

Menurutnya, para relawan mengaku tidak putus menyimak setiap dinamika politik koalisi partai pendukung Jokowi. Pun nantinya relawan, terutama Projo, sudah siap dengan mekanisme kritik konstruktif untuk me nyoroti kerja dan kebijakan pemerintah baru.

“Ini menjadi gerakan mengawal untuk Jokowi terus bekerja untuk rakyat. Kritik konstruktif pasti akan dilakukan. Jadi, jangan dinilai besok (20 Oktober) sebagai hura-hura saja. Tidak, kami tetap mengawal,“ jelasnya.

Geruduk yang digagas berbagai elemen relawan seperti Projo, Seknas Jokowi, Pusat Informasi Relawan (PIR), Duta Jokowi, Jasmev, Relawan Penggerak Jakarta Baru (RPJB), Almisbhat, dan Pospera akan berlangsung di Lapangan Monumen Nasional (Monas) pada hari yang sama pelantikan Jokowi-JK.Swadaya Acara yang akan berlangsung pukul 14.0021.00 WIB itu akan dimeriahkan artis dan penyanyi yang digalang Abdee Slank. Seperti halnya Konser Salam Dua Jari di Gelora Bung Karno Senayan semasa kampanye pilpres Juli lalu, sumber pendanaan pesta rakyat itu berasal dari berbagai sumbangan.

Menurut Presidium Seknas Jokowi Hilmar Farid, biaya pesta rakyat itu tidak bisa dikalkulasikan lantaran bersumber dan dikelola tiap kelompok relawan. “Jika dikalkulasi, jumlahnya cukup besar, mungkin sekitar Rp1 miliar, tapi itu semua bersumber dari sumbangan berbagai kelompok relawan dan per orang,“ ungkap Hilmar di Jakarta, kemarin.

Koordinator Pusat Informasi Relawan Jokowi Panel Barus menambahkan, pihaknya telah mengeluarkan Rp100 juta untuk berbagai ratusan atribut dan spanduk, termasuk dekorasi panggung dan sound system. Pada acara Geruduk nanti, Jokowi juga diagendakan untuk ikut manggung bersama pemusik rock. Pesta rakyat itu juga akan menghadirkan berbagai kesenian tradisional, termasuk sajian kuliner gratis dari 1.100 tukang bakso.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Sutarman mengharapkan para relawan Jokowi tidak menggelar arak-arak an untuk menyambut pelantikan Jokowi. “Sampai saat ini belum ada pemberitahuan resmi dari relawan yang akan menggelar acara, tapi saya sarankan tidak perlu ada arakarakan,“ ujarnya saat ditemui, kemarin. (Ant/X-10) Media Indonesia, 15/10/2014, halaman 1