Google Adsense

Lima Cabang Jadi Andalan di ABG 2014

Minggu, 16 November 2014

LIMA cabang olahraga menjadi andalan Indonesia untuk mendulang emas di ajang Asian Beach Games (ABG) yang akan berlangsung di Phuket, Thailand, 14-23 November. Kelima cabang tersebut ialah ski air, binaraga, panjat tebing, jetski, dan paralayang.

Menurut Ketua Kontingen (CDM) Indonesia, Muddai Madang, kelima cabang itu diandalkan karena prestasinya di ajang kejuaraan Asia ataupun dunia. Kontingen `Merah Putih' ditargetkan meraih tujuh emas di ajang pesta olahraga pantai dua tahunan se-Asia tersebut.

`'Saya belum mau menyebutkan target peringkat karena dengan tujuh emas itu, peringkat kan relatif. Target kami ialah tujuh medali emas dan tujuh perak. Dari perhitungan kami, perak ini berpotensi menjadi emas, salah satunya di cabang voli pantai,“ kata Muddai saat pengukuhan kontingen ABG 2014 di kompleks Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, kemarin.

Kontingen Indonesia terdiri atas 162 orang dengan 104 di antaranya atlet dari 17 cabang olahraga. Saat ini, dua cabang sudah berada di Phuket untuk beradaptasi dengan lapangan, yaitu skuas dan ju jitsu. Rombongan besar akan mulai bertolak ke Phuket hari ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berharap Indonesia dapat meningkatkan peringkat pada ABG 2014. Indonesia ada di peringkat empat ABG 2012 di Haiyang, Tiongkok. Saat itu kontingen `Merah Putih' meraih 6 emas, 6 perak, dan 4 perunggu.

Ketua Asosiasi Olahraga Jetski Indonessia (IJBA) Syaiful Ichsan optimistis dua emas yang ditargetkan kepada dua atletnya, Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar, bisa diraih. Dari enam nomor jetski yang dipertandingkan, Indonesia mengikuti lima nomor.

`'Kalau kami ditargetkan untuk meraih dua medali emas, kita lihat saja nanti, kami optimistis bisa lebih. Hanya di dua nomor saja, yaitu GP Sport dan Superstock 1000, yang harus sedikit penyesuaian. Karena itu, dua nomor tersebut yang kita maksimalkan saat latihan,'' kata pria yang akrab disapa Fully itu.

Senada dengan Fully, manajer tim panjat tebing Indonesia, Endri Gunardi, mengatakan timnya mampu melebihi satu target dari pemerintah. Menurutnya, di nomor beregu speed putra dan putri Indonesia bisa mendulang emas karena kemampuan atlet negara lain tidak merata.(Gnr/Mag/R-3) Media Indonesia, 12/11/2014, halaman 26